Rapat Online Dengan Menggunakan Google Meet
Gambar : Google Meet

Pada saat pandemi seperti ini berbagai aktivitas berubah menjadi virtual, berikut ini adalah Rapat Online Dengan Menggunakan Google Meet. Teknologi semakin berkembang dengan pesat atas keberadaan Covid-19, perusahaan teknologi saling membangun inovasi program terbaru untuk memenuhi kebutuhan pasar virtual.

Dengan adanya Google Meet mempermudahkan kita untuk berbagai kebutuhan seperti Rapat, Meeting, Meetup secara Daring, hanya dengan menggunakan smartphone atau laptop kita sudah dapat berinteraksi secara langsung baik untuk presentasi dan rapat. Layanan Google Meet dapat kita gunakan secara gratis.

Google Meet diluncurkan pada tahun 2017 dan semenjak terjadinya pandemi, semua orang mencari cara alternatif untuk dapat berinteraksi secara langsung melalui jaringan, karena faktor tersebut penyedia layanan video konferensi meningkat pesat, salah satunya Google Meet. Berikut ini adalah informasi tentang Google Meet.

Rapat Video Google Meet

Rapat Video Google Meet
Gambar : Rapat Video Google Meet

Google Meet tersambung dengan akun Gmail, jika kamu belum memiliki akun Gmail berikut ini adalah Cara Membuat Akun Gmail Baru. Pembahasan kali ini menggunakan laptop, cara ini juga dapat diaplikasikan pada berbagai perangkat seperti Android, iOS dan Macintosh. Google Meet bisa di gunakan melalui browser ataupun aplikasi.

Bagi kamu yang sudah memiliki akun Gmail, untuk pengguna Android bisa mendowloadnya di Google Play Store dan untuk pengguna iOS kamu bisa download di App Store. Sementara untuk pengguna PC dan Machintosh langsung aja kita buka Link URL Google Meet pada kotak pencarian browser yang kamu gunakan.

Jika kamu sudah masuk ke halaman Google Meet, kamu bisa membuat rapat baru atau masuk ke rapat milik orang lain yang sudah dibuat, dengan cara memasukan kode atau link yang di bagikan oleh administrator, misalnya dari intansi, perusahaan atau pengguna yang mengadakan rapat melalui Google Meet.

Mulai Rapat Baru Dengan Google Meet

Mulai Rapat Baru Dengan Google Meet
Gambar : Mulai Rapat Baru Dengan Google Meet

Untuk membuat rapat baru, masuk ke halaman Google Meet dan pilih menu Rapat baru. Pada opsi tersebut terdapat pilihan Buat rapat nanti, mulai rapat instan dan Jadwalkan di Google Kalender, sesuaikan kapan kamu akan memulai rapat dengan menggunakan Google Meet. Jika rapat akan dimulai sekarang kamu pilih mulai rapat instan.

Secara otomatis kamu akan masuk ke halaman rapat Google Meet dan sebagai Administrator atau pengelola dari Ruang Rapat tersebut. Bagikan link atau kode rapat Google Meet kamu kepada pengguna lainnya untuk dapat bergabung kedalam ruang rapat yang kamu buat, atau bisa juga kamu undang melalui alamat email.

Selanjutnya kamu bisa memberikan opsi presenstasi jika kamu ingin membagikan materi kepada pengguna lain dengan cara membagikan tampilan materi yang ada pada monitor kamu ke Google Meet, atau kamu juga bisa menambahkan papan tulis virtual dan dapat mengubah tampilan background latar belakang kamu.

Aturan Penggunaan Google Meet

Mulai Rapat Baru Dengan Google Meet
Gambar : Mulai Rapat Baru Dengan Google Meet

Google Meet sangat mudah untuk digunakan sekalipun bagi kamu yang pengguna baru. Google Meet dapat digunakan hingga 100 peserta kedalam rapat video dengan durasi 60 menit per rapat secara gratis. Sementara untuk kebetuhan lainnya dengan durasi yang lebih lama kamu bisa melihat pilihan paket Google Meet, lihat paket dan harga.

Pada saat rapat video berlangsung, kita juga dapat berinteraksi dengan pengguna lain melalui pesan langsung. Untuk sistem keamanan Google Meet sudah dilengkapi dengan fitur anti-peretasan dan kontrol rapat aman dan mendukung verifikasi 2 langkah untuk memastikan rapat video tetap aman dari penyadapan.

Google Meet dapat digunakan oleh siapapun yang memiliki akun Gmail, Google Workspace dan G Suite. Dapat kita pastikan tidak menyalahgunakan Google Meet untuk aktivitas yang dilarang, setiap tindakan yang tidak sesuai dengan persyaratan Google akan ditindak lanjut sesuai aturan yang berlaku.

Kesimpulan

Google Meet memudahkan semua orang untuk dapat tersambung virtual melalui jaringan, dengan berbagai fitur yang diberikan oleh Google. Saat ini video konferensi masih menjadi salah satu alternatif untuk bekerja dari rumah. Google Meet akan terus di kembangkan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Masih ada beberapa layanan rapat video lainnya yang mungkin sama dengan Google Meet, setiap perbedaan dan layanan yang diberikan dari masing-masing perusahaan teknologi memiliki nilai dan fitur tersendiri. Saat ini cukup kita gunakan Google Meet untuk kebutuhan rapat video.

Menurut kamu bagaimana tentang Rapat Online Dengan Menggunakan Google Meet. Jika kamu memiliki saran dan pertanyaan bisa beritahu kami melalui kolom komentar dibawah ini, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat kamu. Ikuti kami di media sosial dan berlangganan informasi terbaru dari ekstensif.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here