Cara Membuat Akun Gmail Baru
Tampilan membuat Akun Gmail di Ponsel Pintar. Sumber Gambar : Solen Feyissa

Dengan adanya email memudahkan kita untuk saling mengirim dan menerima pesan melalui jaringan internet. Kali ini Ekstensif.com akan memberikan tutorial Cara Membuat Akun Gmail Baru, masih banyak dari teman dan adik-adik kita yang belum mengerti cara mendaftar email pada google.

Gmail adalah layanan surel milik Google. Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4. Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004 dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta.

Salah satu dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk “Conversation view”. Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun hal ini sudah jarang terjadi.

Teknologi Push e-mail juga diterapkam Gmail pada perangkat iPhone dan Windows Mobile, sedangkan pada perangkat Telepon pintar (smartphone) lainnya kemampuan teknologi Push e-mail dari Gmail ini bervariasi tergantung dari aplikasi yang bisa dipasang pada Telepon pintar dari berbagai merk dan jenis.

Akses halaman Gmail

Kunjungi halaman Gmail pada browser internet kamu bisa menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox dan Safari dengan mengetikan kata Gmail pada kotak mesin pencarian atau kamu bisa langsung klik Buat akun. Contohnya halaman Gmail seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Akun Gmail Baru
Halaman Gmail untuk membuat Akun atau Akses masuk Pengguna. Sumber Gambar : Google Gambar

Buat akun

Jika kamu sudah masuk kehalaman Gmail maka akan ada tombol dengan tulisan Buat akun seperti gambar diatas. selanjutnya kamu akan di arahkan pada halaman form pendaftaran. Isi semua kolom dengan benar pastikan email dan password kamu tidak ada yang salah dalam penulisan. Contoh gambar form daftar Gmail seperti di bawah ini.

Cara Membuat Akun Gmail Baru
Form isi Data saat pembuatan Akun Gmail Baru. Sumber Gambar : Google Gambar

Masukan identitas diri

Sekarang kamu isi keterangan tentang identitas kamu isi semua jangan ada kolom yang tidak di isi seperti Nomor telepon, Tanggal lahir dan Jenis Kelamin. Jika kamu sebelumnya memiliki email lain bisa di tambahkan pada kolom Alamat Email Pemulihan atau bisa kamu kosongkan jika kamu belum memiliki email lainnya, jika menurut kamu sudah benar maka klik tombol dengan tulisan Berikutnya. Contoh isi form seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Akun Gmail Baru
Tampilan Akun yang sudah terverifikasi dan memenuhi Persyaratan. Sumber Gambar : Google Gambar

Privasi dan Persyaratan

Baca informasi yang dijelaskan pada halaman berikutnya, supaya kamu tahu dan mengerti bagaimana Gmail dapat digunakan secara umum dan apa saja informasi yang di ambil oleh Google dari akun Gmail yang kamu buat.

Hal ini untuk memastikan kamu paham akan kebijakan layanan yang diberikan oleh Google pada semua pengguna Gmail di dunia. Jika kamu sudah mengerti dan paham maka tekan tombol Saya setuju. Contoh halaman keterangan seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Akun Gmail Baru
Halaman persetujuan dari Layanan Google. Sumber Gambar : Google Gambar

Selamat datang di Gmail

Sekarang kamu telah berhasil membuat akun Gmail baru, selanjutnya kamu dapat mengirim pesan dengan email lain, membuat akun sosial atau kebutuhan lainnya yang mengharuskan memakai email. Contoh kamu telah berhasil masuk halaman Gmail seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Akun Gmail Baru
Beranda Gmail Pengguna yang sudah terdaftar. Sumber Gambar : Google Gambar

Kesimpulan

Gmail memudahkan kita untuk berbagai kebutuhan aktivitas dalam mengirim surat elektronik. Saat ini hampir 99% orang di dunia memiliki alamat surat elektronik karena dengan berkembangnya jaman surat fisik sudah ditinggalkan dari tahun 2009-an.

Bagimana menurut kamu tentang Cara Membuat Akun Gmail Baru, jika kamu memiliki saran dan pertanyaan tentang Gmail bisa beritahu kami pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini kepada teman dan keluarga kamu. Ikuti kami di media sosial untuk mendapatkan kabar terbaru dari kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here