5 Cara Mudah Screenshot Di Laptop Dan PC
Gambar : 5 Cara Mudah Screenshot Di Laptop Dan PC

Mengambil gambar pada layar atau screenshot pada laptop dan PC yang kita gunakan, berikut ini adalah 5 Cara Mudah Screenshot Di Laptop Dan PC. Ada beberapa software yang dapat kita gunakan akan hal tersebut, seperti snipping tool yang disediakan oleh Windows atau hanya menekan tombol PrtScr dan paste ke Paint Tool.

Tapi kali ini kita tidak membahas snipping tool atau PrtScr, kita akan gunakan beberapa software yang menurut kami sangat multifungsi dari pada software screenshot bawaan Windows. Tool ini sangat berguna untuk kamu yang sering membuat dokumentasi berupa gambar pada laptop dan PC yang kamu gunakan.

Misalnya seperti kita memberikan kalimat keterangan pada gambar, penunjuk seperti panah atau arah, memberikan lingkaran atau block dan selektif kalimat yang kita inginkan pada gambar. Fungsi tersebut tentu saja membutuhkan alat tambahan, berikut ini adalah daftar beberapa tool screenshot yang dapat memudahkan kamu.

Lightshot

5 Cara Mudah Screenshot Di Laptop Dan PC
Gambar : Lightshot

Lightshot adalah software/tool yang berfungsi untuk mengambil gambar pada layar laptop atau PC yang kita gunakan, tool ini dapat kita download secara gratis dan memiliki berbagai fungsi dan fitur yang menurut kami sangat multifungsi dengan salah satu fitur paling mudah, bisa kamu share via internet secara langsung.

Download dan instal software Lightshot di Laptop atau PC yang kamu gunakan, dengan otomatis software Lightshot akan menggantikan shortcut screenshot kamu kepada Lightshot, untuk dapat mengambil gambar dengan Lightshot cukup tekan PrtScr, secara otomatis Lightshot akan membuka windows baru untuk mengambil gambar.

Screenpresso

5 Cara Mudah Screenshot Di Laptop Dan PC
Gambar : Screenpresso

Screenpresso adalah software untuk mengabil gambar dan video pada layar laptop atau PC yang dapat kamu download secara gratis. Software ini memiliki multifungsi yang cukup banyak selain bisa untuk screenshot, Screenpresso juga bisa membuat animasi gif dan video hanya sebatas untuk dokumentasi berdurasi detik.

Software Screenpresso sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang kita butuhkan tanpa harus menggunakan software editing foto. Software Screenpresso memiliki 2 versi yaitu gratis dan berbayar untuk fitur tambahan seperti durasi merekam video layar yang lebih lama dan sinkronisasi ke penyimpanan awan.

Monosnap

5 Cara Mudah Screenshot Di Laptop Dan PC
Gambar : Monosnap

Monosnap adalah software screenshot yang mudah digunakan dengan tampilan sederhana tapi memiliki banyak fitur yang multifungsi. Kamu bisa mendownloanya secara gratis, fitur yang paling bagus dari software ini adalah kita bisa memberikan efek blur pada lokasi gambar yang ingin kita buramkan.

Instal software ini seperti biasa pada laptop atau PC yang kamu gunakan dengan otomatis akan mengganti screenshot default PrtScr ke Monosnap. Cara untuk mengambil gambar atau screenshot pada laptop dan PC cukup tekan PrtScr atau jika tidak bisa, kamu bisa membuka melalui icon software Monosnap.

Greenshot

5 Cara Mudah Screenshot Di Laptop Dan PC
Gambar : Greenshot

Greenshot adalah software untuk mengambil gambar pada layar laptop atau PC yang kita gunakan, software ini full gratis dan mudah untuk kita gunakan. Fitur yang ada di Greenshot cukup banyak yang dapat kita gunakan seperti memberikan informasi kalimat tambahan kedalam gambar dan memberikan selektif kalimat.

Software Greenshot banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan kita dalam mengambil gambar atau screenshot pada laptop dan PC yang kita gunakan. Software Greenshot memiliki komunitas paling besar di dunia jika kamu memiliki kendala bisa beritahu teman-teman lainya melalui Forum Diskusi.

Snipaste

5 Cara Mudah Screenshot Di Laptop Dan PC
Gambar : Snipaste

Snipaste adalah software untuk mengambil gambar pada layar laptop dan PC, software ini memiliki fungsi yang sangat banyak dan pastinya software ini dapat kamu download secara gratis. Software Snipaste menyediakan fungsi dan fitur screenshot yang lengkap. Software ini mudah digunakan dan tampilan yang sederhana.

Software Snipaste menyediakan banyak fungsi dan fitur seperti memberikan atau menambahkan kalimat informasi, selektif kalimat, blur, block atau panah penunjuk dan fungsi lainnya. Hanya dengan software ini fitur premium bisa di dapatkan pada software gratisan. Wajib kamu instal di laptop atau PC yang kamu gunakan.

Kesimpulan

Dari beberapa software screenshot diatas pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, disesuaikan dengan kebutuhan kamu jika kamu hanya menggunakan screenshot sebatas gambar dan tidak memberikan informasi tambahan, cukup menggunakan tool Lightshot.

Jika kamu membutuhkan banyak fitur untuk kebutuhan kamu mengambil gambar pada layar laptop dan PC kamu bisa mencoba salah satu software diatas yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Software screenshot yang kami informasikan di atas ada yang memiliki versi berbayar dan ada yang sepenuhnya gratis.

Menurut kamu bagaimana tentang 5 Cara Mudah Screenshot Di Laptop Dan PC. Jika kamu memiliki saran dan pertanyaan bisa beritahu kami pada kolom komentar dibawah ini. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan kerabat kamu. Ikuti kami di media sosial dan berlangganan informasi terbaru dari kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here