Tips & Trik

Cara Melihat Titik Koordinat Di Google Maps

0
Cara melihat titik koordinat di Google Maps
Photo by henry perks on Unsplash

Banyak dari kita yang masih bingung untuk melihat titik koordinat lokasi pada Google Maps, kali ini Ekstensif.com akan membagikan tutorial Cara melihat titik koordinat di Google Maps. Kini semakin mudah dengan adanya Google Maps untuk menemukan berbagai tempat dan lokasi yang belum pernah kita jumpai hanya dengan mengaksesnya di internet.

Google Maps adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (versi beta), atau angkutan umum.

Baru-baru ini Google telah meluncurkan fitur baru yang dibenamkan pada Google Maps, Yaitu Maps GL. Menurut Google, mereka telah membuat ulang Google Maps dari awal. Maps yang disempurnakan ini memberikan kinerja yang lebih baik, grafis 3D yang lebih kaya, transisi halus antara citra, rotasi tampilan 45°, akses yang lebih mudah ke Street View, dan beberapa fitur lain.

Akses Google Maps

Yang harus kamu lakukan adalah mengakses situs Google Maps di https://www.google.co.id/maps pada mesin pencarian seperti Google Chrome, Mozilla Firefox atau Safari, lalu ketikan kata tempat pada kotak pencarian yang di sediakan pada situs Google Maps.

Contoh kita akan melihat titik koordinat Monas (Monumen Nasional), maka ketiklah Monas di kotak pencarian Google Maps. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

post image
Tampilan Google Maps web.

Klik kanan ikon berwarna merah

Setelah kamu mencari lokasi pada kotak pencarian Google Maps maka akan tampil sebuah tempat yang tidankan dengan ikon warna merah seperti yang ada pada gambar. selanjutnya agar kita bisa melihat titik koordinat pada tempat yang kita cari adalah arahkan pointer mouse kita ke ikon berwarna merah lalu meng-klik kanan pada mouse dan akan tampil beberapa pilihan menu, kita pilih yang bertulisan Ada apa di sini? Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Baca juga:  7 Cara Mengatasi Lemot Pada Laptop/Komputer
post image
Tampilan Google Maps: Ada apa di sini?

Titik koordinat lokasi

Sekarang kamu sudah mendapatkan titik koordinat lokasi  dan akan tampil dibawah keterang informasi tempat yang tadi kita klik kanan pada ikon merah, contoh titik koordinat monas adalah -6.175126, 106.827185 itulah titik koordinat pada sebuah tempat. Contoh hasil penemuan titik koordinat monas.

post image
Tampilan Titik Koordinat Google Maps

Cukup mudah bukan untuk mendapat titik koordinat pada sebuah lokasi di Google Maps, jika kamu masih belum mendapatkan titik koordinat dari lokasi yang kamu cari coba menggunakan mesin pencarian lain dan ulangi cara ini dari awal.

Kesimpulan

Google Maps membuat kita jadi lebih mudah untuk berbagai kebutuhan seperti berbagi lokasi kepada keluarga dan teman serta membantu kita dalam menempuh perjalan kesuatu tempat yang belum pernah kita jumpai sebelumnya, dengan tampilan yang sederhana dan mudah digunakan untuk semua orang.

Cukup sampai disini tentang Cara melihat titik koordinat di Google Maps, jika kamu merasa kesulitan atau memiliki pertanyaan dan masukan dapat beritahu kita pada kolom komentar dibawah. Jika artikel ini membantu jangan lupa untuk bagikan kepada keluarga dan teman kamu. Ikuti kami di media sosial untuk mendapatkan kabar terbaru dari kami.

Chris
Kendalikan dirimu dan buatlah perubahan.

10 Daftar Distro Linux Terbaik

Previous article

Daftar Produk Dan Layanan Google Paling Populer

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Tips & Trik