Tips & Trik

7 Cara Mengatasi Lemot Pada Laptop/Komputer

0
7 Cara mengatasi lemot pada Laptop/Komputer
Image by Karolina Grabowska from Pixabay

Kebanyakan dari kita menggunakan laptop/komputer tidak mengerti cara mengatasi setiap permasalahan yang ada, pada kesempatan kali ini Ekstensif.com akan membagikan pengalaman 7 Cara mengatasi lemot pada Laptop/Komputer, hal ini berlaku untuk semua versi OS Windows.

Dari berbagai merk laptop/komputer semua masalahnya hampir sama yaitu lemot, mungkin hal ini dikarenakan faktor laptop/komputer yang kita miliki sudah lawas atau memang kita yang terlalu memaksakan kinerja pada laptop/komputer sehingga kinerjanya jadi menurun.

Banyak hal yang harus kita perhatikan dalam merawat laptop/komputer untuk tetap terjaga kinerjanya baik dari sisi hardware dan software. Dengan demikian kita akan minimalisir setiap permasalahan yang ada pada laptop/komputer yang kita gunakan sehari-hari.

Bersihkan sampah

post image

Bersihkan sampah atau junk yang ada pada laptop/komputer kamu, hal ini bisa jadi salah satu penyebab besar dari lemotnya laptop/komputer kamu. Periksa folder Recyle Bin yang ada pada Desktop kamu apakah ada sampah dari file yang kamu hapus jika ada maka bersihkan untuk mengurangi beban pada penyimpan.

Jangan lupa untuk mengecek kembali folder Temp yang ada pada laptop/komputer kamu. Caranya cukup mudah dengan menekan :

Windows + R lalu ketikan %temp% dan Enter ↵

maka kamu akan masuk pada folder Temp dan hapus semua file yang ada di dalamnya. Jika ada file yang tidak dapat dihapus jangan panik karena file tersebut masih digunakan oleh sistem OS kamu jadi biarkan saja.

Batasi program saat Startup

post image

Saat kita install program pada laptop/komputer banyak dari kita yang tidak sadar jika program tersebut berjalan di latar belakang sistem dan hal ini tentu aja memakan ram pada laptop/komputer yang kita gunakan. Kamu dapat melihat program yang berjalan di latar belakang dengan membuka program Task Manager caranya tekan :

Ctrl + Alt + Delete

Lalu akan tampil pilihan daftar menu, kamu pilih Task Manager dan akan tampil tab baru yang memiliki berbagai informasi jika kebutuhan kita untuk melihat program yang berjalan pada latar belakang kamu pilih menu Startup jika kamu rasa menemukan program yang tidak terlalu penting untuk dijalankan pada Startup.

Kamu bisa membuatnya menjadi disable dengan mengklik kanan pada daftar program yang kamu pilih. Perlu diperhatikan lebih untuk program yang ingin kamu disable saat Startup pastikan kamu tidak salah dalam langkah ini.

Baca juga:  5 Software Video Editor Gratis

Uninstall program

post image

Perhatikan ruang kosong hard disk pada laptop/komputer kamu. Terlalu banyak menginstall program akan berdampak buruk pada penyimpanan laptop/komputer, jika kamu hanya memiliki 100Gb penyimpanan cukup 2-3 program saja yang kamu install seperti Microsoft Office dan program kebutuhan lainnya. Untuk melihat program yang kita install, kita harus masuk ke Control Panel caranya dengan menekan :

Windows + R lalu ketikan Control dan Enter ↵

Setelah kamu masuk pada tab Control Panel akan menampilkan beberapa pilihan sistem, kamu cukup pilih menu dengan bertulisan Uninstall a program maka akan masuk pada tab daftar program yang terpasang pada sistem kamu.

Selanjutnya kamu tinggal memilih program yang kamu ingin hapus dengan memilih salah satu program lalu klik tombol dengan bertulisan uninstall yang ada di menu bar atau bisa juga dengan mengklik kanan pada program dan ikuti proses berikutnya, sistem akan otomatis mengarahkan dan memberikan beberapa pertanyaan untuk tindak lanjut penghapusan program.

Kosongkan desktop

post image

Jangan terlalu banyak shortcut yang ada pada desktop laptop/komputer kamu hal ini menyababkan kinerja menjadi lambat pada saat kita mengakses tampilan utama, cukup beberapa shortcut penting saja yang kamu tampilkan di desktop seperti Recyle Bin.

Jika kamu selama ini menaruh file di desktop maka hilangkan kebiasan hal ini, letakan file pada folder penyimpanan Documents, manage folder dan file kamu dengan benar. Windows sendiri sudah menyediakan folder dengan masing-masing format.

Cek Virus dan Spyware

post image

Pastikan laptop/komputer kamu terhindar dari virus dengan memproteksi sistem laptop/komputer kamu menggunakan program antivirus seperti Avast, AVG dan Norton. Ketika laptop kita terkena virus akan banyak kerugian yang kita rasakan selain kebocoran data, virus tersebut membuat kinerja laptop kita 2x lebih lambat.

Virus dan Spyware adalah sekumpulan skrip yang dijalankan pada latar belakang sistem dan mengumpulkan beberapa informasi dari pengguna untuk dibagikan ke pengguna lain yang saling terhubung dengan internet, tidak hanya itu virus dan spyware dapat mengendalikan sistem laptop/komputer tanpa harus kamu setujui dan menjalankannya secara diam-diam.

Mari kita sama-sama melindungi dan menjaga laptop/komputer kita dari serangan virus dan spyware dengan meningkatkan keamanan yang terdapat pada sistem kita, jangan pernah menggunakan software bajakan, penyebab terbesar terkena virus dan spyware adalah dari program yang kita download secara ilegal.

Baca juga:  Memanfaatkan Apple CarPlay Dan Android Auto

Kelistrikan

post image

Faktor kekurangan daya menjadi penyebab laptop/komputer kita menjadi lambat hal ini dikarenakan kurangnya arus listrik yang mengalir ke hardware seperti HDD, Ram, MotherBoard dan Processor. Pastikan daya listrik saat kamu menggunakan laptop/komputer terpenuhi dengan baik.

Pengguna Laptop : Untuk menjaga kinerja laptop kita selalu berjalan dengan baik pastikan baterai tidak dibawah 30% karena hal ini tentu saja sangat mempengaruhi kinerja laptop, saat daya baterai menurun lakukan pengisian daya kembali agar laptop kita memiliki konsumsi daya yang cukup.

Pengguna Komputer : PSU menjadi jantung untuk daya komputer kita pastikan PSU komputer kita dalam keadaan baik dan mengalirkan arus listrik ke Hardware komputer secara menyeluruh tanpa ada kendala. Perhatikan juga Watt PSU kamu sesuai dengan kebutuhan daya Hardware lainnya seperti VGA, HDD, RAM, MotherBoard dan Processor.

Ganti Hard disk

post image

Jika kamu rasa semua cara sudah dilakukan namun laptop/komputer kita masih terasa lemot adalah dengan mengganti HDD lama kamu, dengan yang baru atau bisa menggunakan SSD untuk meningkatkan kinerja laptop/komputer kita menjadi lebih cepat.

Hard Disk yang sudah rusak sangat mempengaruhi kinerja laptop/komputer karena semua data baik sistem dan file di simpan pada HDD jadi kita harus lebih perhatikan kesehatan HDD yang ada pada laptop/komputer kita.

Lakukan perawatan seperti mendefrag untuk mengurangi kerusakan sektor pada HDD kita hal ini wajib kamu lakukan setidaknya 3 bulan sekali, kamu bisa menggunakan tool Defraggler dari CCleaner atau tool bawaan dari sistem Windows kita untuk melakukan defrag HDD.

Kesimpulan

Dari berbagai penyebab masalah lemot yang terjadi pada laptop/komputer kita, salah satunya adalah software yang terus update ke versi terbaru namun hardware yang kita gunakan sudah tertinggal dan tidak mendukung software terbaru. Pastikan laptop/komputer yang kita gunakan masih cukup baik untuk menjalankan software dengan versi yang sesuai dan berjalan dengan baik pada hardware laptop/komputer yang kita miliki.

Menurut kamu bagaimana tentang 7 Cara mengatasi lemot pada Laptop/Komputer, jika kamu memiliki saran atau pertanyaan kamu dapat beritahu kami pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini kepada teman dan keluarga kamu, ikuti kami di media sosial untuk mendapatkan kabar terbaru dari kami.

Chris
Kendalikan dirimu dan buatlah perubahan.

5 Daftar Drone Dengan Teknologi Terbaik

Previous article

10 Daftar Distro Linux Terbaik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Tips & Trik