Tips & Trik

12 Daftar Software Gratis Untuk Windows 7/8/10

0
12 Daftar Software Gratis Untuk Windows 7/8/10
Sumber Gambar : Pexels

Pada kesempatan kali ini tim Ekstensif.com akan membahas tentang 12 Daftar Software Gratis Untuk Windows 7/8/10, bagi teman-teman semua yang sedang mencari software gratis untuk kebutuhan sehari-hari atau aktivitas lainnya tanpa diharuskan membeli software tersebut.

Banyak software yang diperjual belikan di toko online dan fisik yang dapat kita temukan, tapi tentu saja itu bukan jadi solusi untuk kita yang tidak ingin keluar uang lebih. Saat ini software gratis-an atau open source sudah banyak di kembangkan oleh perusahaan software di seluruh dunia.

Tapi tentu saja tidak semua software gratis tidak ada versi premiumnya, biasanya mereka menjual tools atau alat tambahan terpisah untuk versi professionalnya. Jangan khawatir software yang kami bahas kali ini benar-benar gratis dengan fitur premium yang kami rasa cukup membantu.

1. WPS Office

post image
Sumber Gambar : WPS Office

WPS Office adalah software untuk melakukan multifungsi tugas pekerjaan seperti membuat file Docs, Spreedsheets dan Presentasi. Sebelumnya dikenal sebagai Kingsoft Office, software ini dapat menjadi solusi alternatif kita selain menggunakan software Microsoft Office yang sangat familiar di seluruh dunia.

Software WPS Office support untuk semua perangkat seperti PC dan juga Smartphone. WPS Office dibekali dengan teknologi support untuk membuka file atau ekstensi yang kita buat di software Microsoft Office, tentu saja ini menjadi mudah untuk kita mengedit dan membuat file yang kita butuhkan.

Software WPS Office dapat kita download secara gratis tanpa harus membayar serta software ini menyediakan versi premium untuk kita yang ingin memiliki fitur lebih yang disediakan oleh pengembang software tersebut. Kami rasa dengan versi gratis-pun software ini sudah cukup.

2. PeaZip

post image
Sumber Gambar : PeaZip

PeaZip adalah software untuk membuka file yang berekstensi seperti RAR, ZIP dan 7ZIP, software ini menjadi alternatif kita untuk menggantikan software yang sering kita dengan seperti RAR Labs dan WinZip dimana 2 (dua) software tersebut freeware atau tidak gratis kita diharuskan membeli lisensinya.

Software PeaZip dapat kita download dan digunakan secara gratis dengan fitur dan tampilan yang sederhana untuk kita semua yang tidak terbiasa dengan software selain RAR yang dikembangkan oleh RAR Labs, kita dapat mengekstrak atau membuat file RAR dan ZIP dengan mudah seperti halnya menggunakan software RAR Labs.

Versi PeaZip sendiri tidak ada yang versi premium karena software ini memang dibuat untuk kita yang suka software gratis-an tapi seperti menggunakan software premium. PeaZip sudah banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia jadi sudah tidak dapat kita ragunakan fitur dan kemampuan dari software ini.

3. Foxit Reader

post image
Sumber Gambar : Foxit Software

Foxit Reader adalah software untuk mebuka file yang berekstensi PDF, software ini menjadi alternatif kita untuk menggantikan software yang sudah kita tau seperti Adobe Reader, bedanya dengan software Foxit kita sudah dapat tools atau alat seperti versi premium seperti memberikan tanda tangan digital, highlight text dan fitur pendukung lainnya.

Software Foxit memiliki versi premium dengan fitur dan tools untuk meningkati produktifitas yang lebih professional untuk kita yang terbiasa membuat dan mengedit file PDF. jika kita hanya membutuhkan tools sederhana fitur dan tools gratis-an sudah cukup untuk membantu kita.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan software ini kamu dapat mendownloadnya pada situs resmi milik Foxit, didalam situsnya kamu akan diberikan pilihan untuk mencoba versi premium yaitu bernama Foxit Phantom berlaku selama 30 hari atau jika kamu ingin download versi gratisnya-pun bisa.

4. Mozilla Thunderbird

post image
Sumber Gambar : Mozilla Thunderbird

Mozilla Thunderbird adalah software yang dikembangkan oleh Mozilla Firefox, software ini dapat dijadikan alternatif kita yang terbiasa menggunakan software dari Microsoft yaitu Outlook. Mozilla Thunderbird mendukung email POP3 dan IMAP serta software ini dibekali dengan tools dan ekstensi tambahan yang bisa kita dapatkan secara gratis.

Software Mozilla Thunderbird sudah sering digunakan untuk membantu kita dalam produktivitas surat elektronik atau biasa disebut dengan E-Mail, banyak perusahaan dan pribadi yang menggunakan software ini sebagai solusi pengganti software Outlook yang dimana software tersebut berbayar tidak dapat kita gunakan secara gratis.

Baca juga:  5 Daftar Drone Dengan Teknologi Terbaik

Fitur dan tampilan yang sederhan membuat software ini mudah digunakan bagi pemula, kita dapat mengkonektivitaskan berbagai akun E-Mail dalam satu software ini seperti email Yahoo, GMail, Yandex dan Email lainnya. Membuat semua pekerjaan dan aktivitas surat-menyurat menjadi lebih mudah.

5. WinCDEmu

post image
Sumber Gambar : WinCDEmu

WinCDEmu adalah software untuk pembuka file dengan berekstensi ISO, Software ini menjadi solusi alternatif dari sofrware berbayar seperti WinISO dan UltraISO. WinCDEmu bisa kita dapatkan secara gratis dan sudah dapat membatu kita dalam membaca file ISO software ini-pun terbilang sangat sederhana dan mudah untuk digunakan.

Selain gratis software WinCDEmu memiliki versi portable yang dimana dapat berjalan tanpa harus menginstal di sistem operasi yang kita gunakan dan juga software ini mendukung untuk membuat file ISO dengan mudah kamu harus mencobanya sendiri bagaimana software ini dapat bekerja.

Software WinCDEmu selain mendukung file berekstensi ISO software ini juga support untuk file CUE/BIN, CCD/IMG, NRG, MDS/MDF and RAW formats, software yang ringan namun sangat multifungsi dan berguna untuk kita kadang kesulitan membuka file ISO. Contoh saja membuka file game yang berukuran besar biasanya berekstensi ISO.

6. CCleaner

post image
Sumber Gambar : CCleaner

CCleaner adalah software yang dapat membantu kita untuk membersihkan sampah dan cache yang ada pada operating sistem, software ini berjalan di berbagai perangkat seperti PC dan Smartphone. Kita bisa mendapatkan software ini secara gratis tanpa harus membayar lisensi.

Untuk versi premiumnya terdapat tools atau fitur tambahan lainnya, tapi dengan versi gratis fitur dan fungsinya tidak kalah baik dengan versi premiumnya sendiri, software ini wajib kita instal untuk membatu dalam mengatasi sampah dan cache yang menumpuk pada operating sistem secara otomatis.

Software CCleaner dikembangkan oleh Piriform, perusahaan software tersebut tidak hanya membuat software cleaner/pembersih. Piriform menyediakan juga software jenis lainnya yang mendukung untuk produktivitas untilitis perawatan untuk operating sistem yang kita gunakan. pastikan Windows kamu tetap sehat.

7. AVG

post image
Sumber Gambar : AVG Antivirus

AVG adalah software untuk membantu mengamankan operating sistem yang kita gunakan terjaga dari virus-virus jahat yang menyerang bagian sistem, AVG bisa kita dapatkan secara gratis dengan fitur dan fungsi untuk menjaga keamanan Windows yang kita gunakan dari ancaman berbahaya.

Software ini memiliki versi professional dimana kita diharuskan membeli lisensinya, tapi jangan khawatir AVG tetap berbaik hati kepada kita semua untuk memberikan versi gratis dengan fitur professional serta mampu menangkal ancaman dengan baik dibanding software antivirus lainnya.

Antivirus ini tidak membuat PC kita berjalan lambat karena AVG sangat mengerti bagaimana keluhan dari para pengguna lainnya yang suka mengeluhkan bahwa software antivirus lainnya berat dan membuat kinerja operating sistem kita menjadi lambat. AVG hadir untuk memberikan kita solusi keamanan yang lebih baik.

8. Lightshot

post image
Sumber Gambar : Lightshot

Lightshot adalah software untuk membatu kita mengambil gambar layar, software ini menawarkan fungsi dan tools yang sederhana, mudah digunakan dan gratis. Windows sendiri menyediakan software seperti ini yaitu bernama Snipping Tool tapi tidak terlalu efisien penggunaanya karena belum memiliki fitur yang diberikan oleh Lightshot.

Dengan software Lightshot kita dapat memberikan informasi tambahan pada gambar yang kita ambil pada layar PC seperti Add Text, Crop dan Insert fitur lainnya. Software Lightshoot mudah digunakan dan tidak terlalu banyak memakan Memory RAM dan Penyimpanan operating sitem kita.

Pada instal pertama kali software ini akan menggantikan default PrtSc bawaan PC milik kita, secara otomatis saat kita menekan tombol PrtSc akan membuka software untuk mengambil gambar layar yang kita inginkan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita bagian mana yang akan kita ambil gambarnya.

9. PhotoScape

post image
Sumber Gambar : PhotoScape

PhotoScape adalah software untuk mengedit gambar, memberikan animasi atau menambahkan berbagai animasi. Software ini bisa kita dapakan secara gratis dengan fitur dan fungsi yang sangat mudah digunakan, dari banyaknya software editing gambar jika kita hanya memerlukan beberapa fitur PhotoScape menjadi solusinya.

Jika kamu senang membuat GIF, Membuat kata-kata dengan foto sendiri atau memberikan efek yang sederhan PhotoScape sudah mendungkung fungsi-fungsi tersebut bagaimana kita bisa menggunakannya sudah banyak tutorialnya yang dapat kita lihat di YouTube.

Baca juga:  Cara Membuat Akun Gmail Baru

Software PhotoScape memiliki versi professional yang dimana terdapat fungsi dan fitur tambahan yang lebih banyak. tapi jangan takut untuk versi gratisnya-pun kita udah dapat fungsi dan fitur yang mendukung kebutuhan kita, selain gratis software ini juga terbilang ringan dan dapat berjalan di PC dengan spesifikasi low. Software ini benar-benar sangat bersahabat.

10. OBS Project

post image
Sumber Gambar : OBSProject

OBS Project adalah software untuk merekam tampilan layar seperti membuat video dokumentasi untuk YouTube atau streaming, software ini bisa kita dapatkan secara gratis dengan fitur dan fungsi yang menurut kami sangat professional, serta dengan tampilan yang sederhana dan mudah digunakan.

Banyak digunakan oleh streamer di seluruh dunia untuk membantu mereka dalam siaran langsung dengan kualitas gambar HD dan MP4, OBS Project memiliki kesan tersendiri yang dimana setiap penggunanya akan menikmati software ini dapat berjalan dengan lancar dan ringan untuk berbagai aktivitas streaming dan merekam layar PC.

Jika kamu adalah salah satu dari steamer wajib untuk menggunakan software ini. OBS Project bisa kita kategorikan sebagai Broadcaster Software yang memiliki banyak keunggulan di dalam software tersebut walaupun software ini gratis tapi tidak kalah menarik dengan Broadcaster Software berbayar lainnya.

11. Audacity

post image
Sumber Gambar : Audacity

Audacity adalah software perekam suara dengan fungsi dan fitur yang mudah digunakan dan tampilan yang sederhana memudahkan kita dalam merekam dan editing suara. Software ini bisa kita dapatkan secara gratis tanpa harus membeli lisensi atau tools tambahan lainnya.

Jika kamu adalah seorang musisi atau senang membuat rekaman sendiri, kamu bisa mencoba software Audacity ini, jika kamu bingung atau kesulitan  untuk menggunakan software Audacity video tutorial sudah banyak bisa kita dapatkan di YouTube jadi jangan takut jika kalian bingung atau tidak paham.

Software Audacity terbilang salah satu software perekam suara paling ringan dibanding dengan software perekam suara gratis lainnya. Software ini bisa kita jadikan alternatif untuk software recording berbayar lainnya, pahami navigasi yang ada pada di software ini untuk membuat rekaman sesuai dengan yang kamu inginkan.

12. NCH Software

post image
Sumber Gambar : NCH Software

NCH Software software adalah perusahaan pengembang program dengan beragam software yang mereka berikan kepada kita secara gratis, bagi kamu yang sedang mencari software dengan produktivitas untuk perusahaan ataupun pribadi kamu bisa mengujungi situs resmi milik NCH Software untuk melihat berbagai  software yang mereka kembangkan.

NCH Software menyediakan program versi berbayar untuk tambahan alat atau fungsi professional guna mendukung lebih kebutuhan yang kita inginkan, tapi dengan program gratis yang dikembangkan oleh NCH Software kita sudah dapat bekerja dan mengoprasikan software tersebut seperti fitur premium.

Saat ini hanya NCH Software yang memberikan berbagai program dengan fungsi atau fitur seperti program premium dengan banyak pilihan, tampilan yang familiar dan kemudahan navigasi software tersebut menjadi nilai tambah untuk perusahaan program ini digunakan oleh banyak orang.

Kesimpulan

Informasi tentang software gratis diatas hanya beberapa dari software gratis lainnya, masih banyak software gratis yang bisa kita dapatkan tapi terkadang untuk software gratis tidak semuanya dapat kita gunakan sepenuhnya ada yang memiliki jangka waktu atau masa percobaan yang membatasi kita untuk menggunakan software tersebut.

Gunakanlah software dan program original jadilah orang bijak untuk yang menghargai karya orang lain, jika kita belum bisa untuk menggunakan yang premium setidaknya kita mencoba yang versi gratis, jangan menggunakan software atau program bajakan yang akan merusak operating sistem kamu mudah terkena serangan virus.

Jadi menurut kamu bagaimana tentang 12 Daftar Software Gratis Untuk Windows 7/8/10, jika kamu memiliki saran atau pertanyaan bisa tuliskan pada kolom komentar dibawah ini dan jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada keluarga dan teman-teman kamu serta ikuti kami di sosial media.

Chris
Kendalikan dirimu dan buatlah perubahan.

10 Daftar Game Online Steam Dengan Player Terbanyak

Previous article

Memanfaatkan Apple CarPlay Dan Android Auto

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Tips & Trik