Teknologi

10 Daftar Distro Linux Terbaik

0
10 Daftar distro Linux terbaik
Image by 2023583 from Pixabay

Dengan kecerdasan kita bisa membeli harga contoh halnya dengan linux operasi sistem yang dapat kita gunakan secara gratis, kali ini kami akan membahas 10 Daftar distro Linux terbaik dari berbagai versi yang saat ini terus dikembangkan untuk kebutuhan komersial dan perusahaan.

Linux pertama kali dikembangkan pada tahun 1991 sebagai proyek pribadi oleh Linus Trovalds asal negara Finlandia sebagai kernel sistem operasi baru yang bebas (gratis). Dengan berjalannya waktu linux terus berkembang dan menghadirkan berbagai macam distro baru dengan desain tampilan yang berbeda.

Berbagai pengamat teknologi informasi menganggaap bahwa kesuksesan Linux dikarenakan distribusi Linux tidak bergantung pada vendor, biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan sistem operasi Unix tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows.

1. Ubuntu

post image
Foto: Wikipedia

Ubuntu adalah sistem operasi Linux desktop yang lengkap, tersedia secara gratis dengan dukungan komunitas dan profesional. Komunitas Ubuntu dibangun di atas ide-ide yang diabadikan dalam Ubuntu Manifesto: bahwa perangkat lunak harus tersedia secara gratis, bahwa perangkat perangkat lunak harus dapat digunakan oleh orang-orang dalam bahasa lokal mereka dan meskipun ada cacat, dan bahwa orang harus memiliki kebebasan untuk menyesuaikan dan mengubah perangkat lunak mereka dengan cara apa pun yang mereka inginkan. “Ubuntu” adalah kata Afrika kuno, yang berarti “kemanusiaan bagi orang lain”. Distribusi Ubuntu membawa semangat Ubuntu ke dunia perangkat lunak.

Jenis OS: Linux
Berdasarkan pada: Debian
Asal: Isle of Man
Arsitektur: armhf, i686, powerpc, ppc64el, s390x, x86_64
Desktop: GNOME, Unity
Kategori: Pemula, Desktop, Server, Live Medium
Status: Aktif
Popularitas: 4 (1,842 hits per hari)

2. Arch Linux

post image
Foto: LinuxSec

Arch Linux adalah distribusi Linux yang dikembangkan secara mandiri, dioptimalkan x86_64 yang ditargetkan untuk pengguna Linux yang kompeten. Ini menggunakan ‘pacman’, manajer paket yang dikembangkan di rumah, untuk memberikan pembaruan ke aplikasi perangkat lunak terbaru dengan pelacakan ketergantungan penuh.

Arch dapat diinstal dari CD atau melalui server FTP. Instalasi default menyediakan basis solid yang memungkinkan pengguna untuk membuat instalasi kustom. Selain itu, Arch Build System (ABS) menyediakan cara untuk dengan mudah membangun paket baru, memodifikasi konfigurasi paket stok, dan berbagi paket ini dengan pengguna lain melalui repositori pengguna Arch Linux.

Jenis OS: Linux
Berdasarkan: Independen
Asal: Kanada
Arsitektur: x86_64
Desktop: Cinnamon, Enlightenment, GNOME, KDE, LXDE, MATE, Xfce
Kategori: Desktop, Raspberry Pi, Server
Status: Aktif
Popularitas: 14 (764 hit per hari)

3. Fedora

post image
Foto: Wikipedia

Fedora (sebelumnya Fedora Core) adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Proyek Fedora yang didukung komunitas dan dimiliki oleh Red Hat. Fedora berisi perangkat lunak yang didistribusikan di bawah lisensi sumber terbuka dan gratis dan bertujuan untuk menjadi yang terdepan dalam teknologi tersebut.

Fedora memiliki reputasi untuk berfokus pada inovasi, mengintegrasikan teknologi baru sejak awal dan bekerja erat dengan komunitas Linux hulu. Desktop default di Fedora adalah lingkungan desktop GNOME dan antarmuka default adalah Shell GNOME. Lingkungan desktop lain, termasuk KDE, Xfce, LXDE, MATE dan Cinnamon, tersedia.

Baca juga:  Mengenal Lebih Jauh Keberadaan Bitcoin

Proyek Fedora juga mendistribusikan variasi khusus dari Fedora yang disebut Fedora spins. Ini dibangun dengan set paket perangkat lunak tertentu, menawarkan lingkungan desktop alternatif atau menargetkan minat khusus seperti game, keamanan, desain.

Jenis OS: Linux
Berdasarkan: Independen
Asal: AS
Arsitektur: aarch64, armhfp, x86_64
Desktop: Awesome, Cinnamon, Deepin, Enlightenment, GNOME, KDE Plasma, LXDE, LXQt, MATE, Openbox, Pantheon, Ratpoison, Xfce
Status: Aktif
Popularitas: 9 (1.089 hits per hari)

4. Deepin

post image
Deepin: LinuxSec

deepin (sebelumnya, Deepin, Linux Deepin, Hiweed GNU / Linux) adalah distribusi berbasis Debian (berbasis Ubuntu hingga versi 15 yang dirilis pada akhir 2015) yang bertujuan untuk menyediakan sistem operasi yang elegan, ramah pengguna dan andal.

Ini tidak hanya mencakup yang terbaik yang ditawarkan dunia open source, tetapi juga menciptakan lingkungan desktop sendiri yang disebut DDE atau Deepin Desktop Environment yang didasarkan pada toolkit Qt 5.

Deepin memusatkan perhatiannya pada desain intuitif. Aplikasi buatan sendiri, seperti Deepin Software Center, DMusic, dan DPlayer dirancang untuk pengguna biasa. Karena mudah dipasang dan digunakan, deepin bisa menjadi alternatif Windows yang baik untuk penggunaan kantor dan rumah.

Jenis OS: Linux
Berdasarkan pada: Debian
Asal: China
Arsitektur: x86_64
Desktop: Deepin
Kategori: Desktop
Status: Aktif
Popularitas: 10 (993 hit per hari)

5. Kali Linux

post image
Foto: Kali

Kali Linux (sebelumnya dikenal sebagai BackTrack) adalah distribusi berbasis Debian dengan koleksi alat keamanan dan forensik. Ini fitur pembaruan keamanan yang tepat waktu, dukungan untuk arsitektur ARM, pilihan empat lingkungan desktop yang populer, dan peningkatan tanpa batas ke versi yang lebih baru.

Jenis OS: Linux
Berdasarkan pada: Debian (Pengujian)
Asal: Swiss
Arsitektur: armel , armhf , i686 , x86_64
Desktop: Enlightenment, GNOME, KDE Plasma, LXDE, MATE, Xfce
Kategori: Data Rescue, Forensics, Live Medium, Raspberry Pi, Security
Status: Aktif
Popularitas: 20 (592 hit per hari)

6. Linux Mint

post image
Foto: Linux Mint

Linux Mint adalah distribusi berbasis Ubuntu yang tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman desktop klasik dengan banyak alat yang nyaman dan kustom serta dukungan multimedia opsional yang tidak diperlukan. Itu juga menambahkan desktop dan menu kustom, beberapa alat konfigurasi unik, dan antarmuka instalasi paket berbasis web. Linux Mint kompatibel dengan repositori perangkat lunak Ubuntu.

Jenis OS: Linux
Berdasarkan pada: Debian , Ubuntu (LTS)
Asal: Irlandia
Arsitektur: i686 , x86_64
Desktop: Cinnamon, MATE, Xfce
Kategori: Beginners, Desktop, Live Medium
Status: Aktif
Popularitas: 3 (2,608 hits per hari)

7. openSUSE

post image
Foto: Wikipedia Commons

Proyek openSUSE adalah program komunitas yang disponsori oleh SUSE Linux dan perusahaan lain. Mempromosikan penggunaan Linux di mana-mana, program ini menyediakan akses gratis dan mudah ke openSUSE, distribusi Linux yang lengkap.

Proyek openSUSE memiliki tiga tujuan utama :

  • menjadikan openSUSE Linux yang paling mudah bagi siapa pun untuk memperoleh dan distribusi Linux yang paling banyak digunakan.
  • memanfaatkan kolaborasi open source untuk menjadikan openSUSE distribusi Linux dan lingkungan desktop yang paling bermanfaat di dunia untuk pengguna Linux yang baru dan berpengalaman.
  • secara dramatis menyederhanakan dan membuka proses pengembangan dan pengemasan untuk menjadikan openSUSE platform pilihan bagi pengembang dan vendor perangkat lunak Linux.
Baca juga:  Daftar Produk Dan Layanan Google Paling Populer

Jenis OS: Linux
Berdasarkan: Independen
Asal: Jerman
Arsitektur: aarch64 , armhf , i686 , ppc64 , ppc64el , s390x , x86_64
Desktop: Cinnamon, Enlightenment, GNOME, IceWM, KDE Plasma, LXDE, LXQt, MATE, Xfce
Kategori: Desktop, Server, Live Medium, Raspberry Pi
Status: Aktif
Popularitas: 17 (723 hit per hari)

8. CentOS

post image
Foto: LinuxSec

CentOS sebagai grup adalah komunitas kontributor dan pengguna open source. Pengguna CentOS yang khas adalah organisasi dan individu yang tidak memerlukan dukungan komersial yang kuat untuk mencapai operasi yang sukses.

CentOS adalah pembangunan kembali 100% kompatibel dari Red Hat Enterprise Linux, sepenuhnya sesuai dengan persyaratan redistribusi Red Hat. CentOS adalah untuk orang-orang yang membutuhkan stabilitas sistem operasi kelas perusahaan tanpa biaya sertifikasi dan dukungan.

Jenis OS: Linux
Berdasarkan pada: Fedora , Red Hat
Asal: AS
Arsitektur: aarch64 , ppc64le , x86_64
Desktop: GNOME , KDE
Kategori: Desktop , Live Medium , Server
Status: Aktif
Popularitas: 15 (728 hits per hari)

9. Tails

post image
Foto: DistroWatch.com

Amnesic Incognito Live System (Tails) adalah DVD / USB langsung berbasis-Debian dengan tujuan memberikan anonimitas Internet lengkap bagi pengguna. Produk ini dikirimkan dengan beberapa aplikasi Internet, termasuk browser web, klien IRC, klien email dan messenger instan, semua sudah dikonfigurasikan sebelumnya dengan mempertimbangkan keamanan dan semua lalu lintas dianonimkan. Untuk mencapai hal ini, Incognito menggunakan jaringan Tor untuk membuat lalu lintas Internet sangat sulit dilacak.

Jenis OS: Linux
Berdasarkan: Debian (Stabil)
Asal: Irlandia
Arsitektur: x86_64
Desktop: GNOME
Kategori: From RAM, Live Medium, Privacy, Security
Status: Aktif
Popularitas: 29 (410 hit per hari)

10. Elementary OS

post image
Foto: Wikipedia

Elementary OS adalah dasar dari distribusi desktop berbasis Ubuntu. Beberapa fitur yang lebih menarik termasuk lingkungan desktop kustom yang disebut Pantheon dan banyak aplikasi khusus termasuk Foto, Musik, Video, Kalender, Terminal, File, dan banyak lagi. Itu juga dilengkapi dengan beberapa aplikasi yang akrab seperti browser web Epiphany dan garpu email Geary.

Jenis OS: Linux
Berdasarkan pada: Debian , Ubuntu
Asal: AS
Arsitektur: x86_64
Desktop: Pantheon
Kategori: Beginners, Desktop, Live Medium
Status: Aktif
Popularitas: 6 (1,550 hit per hari)

Kesimpulan

Linux adalah operasi sistem terbuka yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan dan kemauan kita, walaupun linux adalah operasi sistem terbuka (gratis) tidak kalah populer dengan operasi sistem berbayar seperti Windows, banyak perusahaan dan universitas menggunakan linux sebagai operasi sistem komputer mereka.

Menurut kamu bagai mana tentang 10 Daftar distro Linux terbaik, jika kamu memiliki masukan dan pertanyaan bisa kasih tau kami pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada keluarga dan teman kamu, ikuti kami di media sosial untuk mendapatkan kabar terbaru dari kami.

Chris
Kendalikan dirimu dan buatlah perubahan.

7 Cara Mengatasi Lemot Pada Laptop/Komputer

Previous article

Cara Melihat Titik Koordinat Di Google Maps

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *