Review

Mengenal Jenis-Jenis Burung Lovebird

0
Mengenal Jenis-Jenis Burung Lovebird
Sumber Gambar : UD. jalak suren

Pada sesi kali ini [tp no_translate=”y”] Ekstensif.com [/tp] akan membahas tentang Mengenal Jenis-Jenis Burung Lovebird, dengan penjelasan kami di bawah ini agar para pencinta burung lovebird yang permula ataupun yang sudah biasa merawat burung lovebird tersebut. Maka dari itu burung lovebird ini sangat bagus untuk di pelihara atau di jadikan bahan perlombaan kicauan yang sudah banyak memarak di Indonesia.

Pada dasarnya burung lovebird memiliki 9 jenis tipe yang biasa di jadikan pelihara oleh manusia atau juga bisa di jadikan burung kontes yang biasa disebut juga dengan perlombaan burung kicau mania. Namun burung lovebird juga mempunyai warna bulu yang unik dan indah, maka dari itu burung ini sangat disukai oleh masyarakan atau pecinta burung kicau tersebut.

Untuk harga burung lovebird tersebut juga mempunyai harga yang sangat terjangkau hingga mencapai jutaan meskipun ada beberapa jenis burung yang mempunyai harga yang sangat mahal akan tetapi  untuk para pecinta burung kicau akan tetap membelinya dikarenakan mereka mempunyai hobi kepada burung kicau tersebut.

Jika berkeinginan memelihara burung lovebird yang mempunyai warna atau bulu yang sangat indah, burung lovebird juga memiliki suara kicau yang sangat merdu. Selain dengan suaranya yang merdu namun burung lovebird tersebut memiliki sifat yang sangat aktif untuk memainkan kicauannya. Maka dari itu burung lovebird ini selalu menjadi bahan incaran para pecinta burung lovebird dari seluluh Daerah indonesia.

Mengenal burung lovebird

post image
Sumber Gambar : Faktualnews.co

Burung lovebird ini juga sering disebut dengan nama lakbet dengan bahasa jawa akan tetapi burung tersebut berasal dari Afrika. Burung lovebird atau burung cinta disebut jenis unggas yang paling setia. Namun untuk di kawinkan burung lovebird ini hanya bisa jika burung lovebird sudah berusia 10 bulan yang sudah di pasangkan dengan lovebird betinanya.

Namun jika burung ini belum mempunyai pasangan tetapi burung lovebird akan hidup secara berkelompok dan melakukan aktivitasnya secara bersamaan dengan burung lovebird yang lainnya.

Jadi jika kalian ingin memelihara burung lovebird kalian jangan membeli satu ekor saja tetapi unggas ini harus memiliki teman untuk menjalani hidup, jika sendirian burung lovebird ini bisa merasa stres.

Suara

Salah satu daya tarik dari burung lovebird tersebut mempunyai suara yang merdu dan indah, namun jenis burung lovebird apapun juga memiliki kicauan yang unik dan berbeda. Maka dari itu kicauan burung lovebird ini sering di jadikan burung kontes atau bisa dibilang lomba kicauan burung lovebird.

Kicauan dari burung lovebird ini biasanya disebut oleh pecinta burung kicau adalah kicauan ngekek,gacor dan ngeroll. Kicauan burung lovebird yang ngekek terdengar seperti alunan tembakan yang berirama yang sangat cepat. tetapi untuk kemampuan tersebut bisa di dapatkan dengan latihan khusus atau cara melatih dengan rutin.

Sedangkan untuk kicauan ngeroll adalah kemampuan burung lovebird untuk berkicau secara sambung menyambung dengan beberapa variasi suara. Namun untuk kicauan gacor adalah istilah dari burung yang berkicau dengan sangat rajin berkicau.

Makanan

post image
Sumber Gambar : Dupont pioneer

Namun salah satu hal yang terpenting agar burung selalu sehat dan semakin pandai berkicau kita harus memberi makanan atau pakan dengan rutin, makanan untuk burung lovebird tersebut memiliki banyak macam agar burung lovebird tersebut semakin rajin berkicau.

Pakan yang sering di berikan untuk burung lovebird tersebut adalah biji-bijian dan pelet, tetapi alangkah baiknya burug lovebird sering juga di berikan makanan yang bervitamin seperti jagung sayuran dan lain-lainnya,

bahan-bahan makan alami tersebut bermanfaat sebagai nutrisi tambahan untuk burung lovebird tersebut, dan sering memberi makan ke burung lovebird hingga 1-2 kali seminggu.

Perilaku

burung lovebird merupakan burung yang memiiki perilaku yang begitu aneh dan sangat aktif untuk beraktifitas, burung lovebirdpun suka bermain dan mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Akan tetapi burung lovebird ini sudah termasuk burung kecil yang mempunyai semangat yang sangat tinggi.

Selain mempunyai semangat yang sangat tinggi burung lovebird ini juga sangat mudah untuk bersosiallisasi sehingga untuk memeliharanya sangat lah mudah, bahkan jika merawatnya dengan baik burung lovebrid ini bisa menjadi jinak dan juga bisa mempunyai suara yang sangat indah.

Maka dari itu jika ingin memiliki burung lovebird dan ingin menjinakanya harus merawatnya dengan baik dan rutin memberi makan untuk burung lovebird tersebut, Akan tetapi burung loverbird ini harus dilatih dahulu agar cepat merespon disaat bersiul di hadapan burung tersebut, burung lovebird ini termasuk burung yang sangat cerdas dan pintar.

Klasifikasi Ilmiah dan Taksonomi

Sama halnya dengan jenis burung yang lain.Menurut para ilmuan burung lovebird ini masuk dalam kelas aves, sedangkan dengan genusnya termasuk dalam agapornis. Maka dari itu jangan heran jika menemukan nama ilmiah, unggas ini berlawanan dengan agapornis.

Agapornis berasal dari kata yunani dengan istilah tersebut merupakan gabungan dari agape yang berati cinta dan ornis yang berti burung. Maka dari itulah burung ini di sebut burung lovebird.

Namun secara umumnya burung lovebird mempunyai tubuh yang sangat kecil sehingga tubuhnya terlihat sangat raping dan mungil. Namun untuk ukuran tubuh burung lovebird bisa mencapai hingga 13-17 cm denga berat badan mencapai 40-60 gram. Untuk masa hidupnya burug lovebird bisa mencapai selama kurang lebih 10-15 tahun.

berdasarkan taksonominya burung lovebird di bedakan menjadi 3 klasifikasi yaitu grup di morfik, monorfik dan intermediate. Untuk informasi lainya bisa kalian cek di bawah agar lebih jelas pembahasan kami sampai habis.

Karakter dasar burung lovebird

Jika sudah memelihara burung loverbird yang harus dipahami adalah kareakternya dan sifat-sifat burung tersebut. Akan tetapi di dunia perkicauan burung lovebird di bedakan dengan adanya tiga karakter dasar.Namun sifat tersebut mengunakan istilah unik seperti sabodo, santaibo dan sangarbo.

Karakter sabodo

Apabila burung lovebird mempunyai sifat yang sangat cuek, berati burung lovebird tersebut memiliki karakter sabodo yang ditandai dengan sifat yang acuh dan burung lovebird tersebut jarang sekali untuk berkicau.

Akan tetapi burung lovebird ini banyak yang mempengaruhi burung tersebut di karenkan burung tersebut mempunyai karakter yang masa bodo atau disebut dengan sabodo, salah satunya burung tersebut merasa tidak tetarik dengan lawan jenisnya sehingga burung ini terkesan sangat cuek.

Karakter dasar santaibo

Burung yang mempunyai karakter ini sering banget di minati oleh banyak pecinta burung lovebird di karenakan burung ini sangat aktif untuk berkicau dan sangat mudah untuk bersosialisasi dengan lingkunganya.Maka dari itu burung lovebird yang mempunyai karakter ini sering kali di ikuti untuk perlombaan atau untuk kompetisi burung kicau mania yang sering di ikuti oleh pecinta burung-burung kicau tersebut.

Jika ingin memelihara burung kicau pilihlah burung yang mempunyai sifat yang berkarakter dasar santaibo karena burung ini memiliki sifat yang sangat aktif berbunyi atau berkicau.

Karakter dasar sangarbo

Untuk karakter yang terakhir adalah sangarbo. Burung yang mempunyai karakter ini cenderung memiliki sifat yang pemarah dengan emoinya yang tidak stabil sehingga tidak cocok untuk di jadikan perlombaan atau kopetisi. Salah satu burung yang memiliki karater ini sering kali menabrakan dirinya ke jeruji kandang, akan tetapi burung ini juga sering menggigit apapun yang berusaha mendekatinya.

Baca juga:  Strategi Berbeda Dari Microsoft dan Sony Konsol

Habitat burung lovebird

post image
Sumber Gambar : Rimbakita.com

Semua jenis burung lovebird pasti memiliki habitatnya masing-masing, begitu juga dengan burung lovebird tersebut pasti memiliki habitanya sendiri, meskipun burung ini sering di jadikan burung peliharaan namun ternyata burung ini juga bisa hidup di alam bebas.

Burung lovebird juga sangat senang dengan lingkungan yang banyak perpohonannya dan biasanya juga cenderung berkelompok atau bergerombolan. Walaupun sering terpisah tetapi burung lovebird ini hanya berjarak hingga 10-15 meter. Akan tetapi burung ini biasanya tidur saling berhampitan agar mendapatkan kehangatan.

Salah satu yang paling di sukai unggas ini biasanya di perbukitan. Hal tersebut di karenakan banyak pepohonan dan biji-bijian yang menjadi sumber makanan kesukaanya sehingga mereka sangat menikmati hidup di sekitaran perbukitan atau pegunungan.

Selain itu burung lovebird juga sangat senang hidup di pegunungan atau di lembah di karenakan mereka menyukain tempat yang banyak air agar mereka dapat minum di pegunungan atau di lembah tersebut. Namun tempatnya juga sangat sejuk untuk mereka tinggal, maka dari itu burung atau unggas ini sangat menyukai tinggal di tempat pegunungan tersebut.

Burung lovebird ini untuk mengabiskan waktu malamnya biasanya burug ini beristirahat di pohon yang berlubang, namun burung ini dapat menemukan lobang tersebut di pohon-pohon yang relatif yang berukuran besar. Dengan lobang tersebut burung lovebird ini baru bisa mendapatkan kehangatan dari pohon yang berlobang tersebut.

Namun burung lovebird tersebut saat pagi hingga sore mereka menghabiskan waktunya bersama-sama dengan bertegger di batang-batang pohon sambil mencari makanan. Oleh karena itu jika memelhara burung lovebird tersebut jangan hanya memelihara satu jadi jika bisa harus mempunyai banyak burung lovebird di karenkan burung tersebut mempunyai kebiasan berkelompok di luar sana.

Jenis-jenis burung lovebird klarifikasi rendah

Apakah kalian sudah tau apa itu klarifiasi rendah atau di sebut dengan istilah lower classification? itilah tersebut digunakan untuk menyebutkan jenis burung lovebird dari garis keturunan murni atau asli. Dengan kata lain jenis-jenis burung lovebird klasifikasi rendah mereka yang masih original.

Ada sembilan jenis burung lovebird yang mempunyai bulu cantik ini, akan tetapi jenis-jenis burung lovebird tersebut di bagi tiga bagian kelempoknya berdasarkan taksonnya.

Grup dimorfik

Burug lovebird yag termasuk dalam kelompok ini apabila jantan dan betianya sangat mudah di bedakan di karenakan sesuai dengan kelompoknya, dimorfik burung ini memiliki bentuk dan strutur yang sangat beda antara jantan dan betina dengan melihan bulunya saja sudah bisa membedakan burung jantan dan betinanya.

Apa saja jenis-jenis burung yang termasuk dalam group dimorfik? berikut ulasanya.

Abyssinian

post image
Sumber Gambar : Pinterest

Jenis burung yang pertama yang termasuk dalam grup dimorfik adalah Abyssinian atau disebut juga agarpornis. Namun burung ini juga bisa disebut dengan black winged  atau disebut dengan si sayap hitam. Pasalnya burung ini memiliki sayap berwarna hitam dengan ujungnya hitam.

Namun perbedaan utama dari burung jantan dan betina adalah dari bulu yang berwarna merah. untuk burung jantan memiliki warna merah pada kepalanya sedangkan untuk betina bulunya berwarna merah pekat.

Abyssinian adalah burung lovebird yang mempunyai badan yang sangat panjang untuk usia dewasa bisa mencapai hingga 16 cm. Jenis burung lovebird ini berasal dari negara Eritea dan Ethopia Afrika, tetapi sayangnya burung ini termasuk burung yang sangat liar sehingga tidak cocok untuk di pelihara.

Grey headed

post image
Sumber Gambar : JungleDragon

Burung lovebird yang termasuk dalam kelompok dimorfik berikutnya adalah grey headed atau juga bisa agapornis canus atau juga bisa di sebut kepala abu-abu sesuai dengan namanya. burung ini meiliki kepala berwarna abu-abu dengan badan berwarna hijau.  burung jenis ini berasal dari madagaskar sehingga sering disebut dengan madagascar lovebird.

Perbedaan dari yang jantan dan betinanya adalah warna kepalanya, untuk burung grey headed jantan mempunyai warna kepala hingga di dadanya berwarna abu-abu. ciri-ciri khas lainnya adalah memiliki badan berwarna hijau muda dengan sayapnya berwarna hijau muda.

Sedangkan betinanya seluruh badanya mempunyai warna hijau akan tetapi burung ini tidak memiliki warna abu-abu pada kepalanya bahkan untuk parunya juga memiliki warna hijau.

Burung jenis grey headed adalah burung yang mempunyai badan kecil dengan panjang 13 cm dan beratnya 30-36 gram.

Red faced

post image
Sumber Gambar : Youtube

Jenis burung yang ketiga adalah red faced atau di sebut agapornis pullarius dan muka salem. Sama degan hal burung lovebird lainnya red faced juga berasal dari Afrika. Namun panjang dari burung red faced ini bisa mencapai 15 cm dengan berat mencapai 36 gram.

Akan tetapi burung lovebird ini juga mempunyai perbedaan dari jantan dan betina yang dapat di lihat dari warna bulu wajahya, namun untuk jantanya mempunyai warna bulu di wajahnya berwarna orange kemerah-merahan atau juga salem.

Grup kacamata

pengelompokan lovebird berikutnya berdasarkan pada matanya. Grup kacamata atau sering disebut dengan eye-ring ini memiliki lingkaran warna putih pada sekitar matanya.

Kebalikan dari grup dimorfik yang memilki perbedaan signifikan antar jantan dan betina, namun grup ini sangat sulit di bedakan. Jenis-jenis burung lovebird apa sajakah yang termasuk dalam grup kacamata.

Yellow collared

post image
Sumber Gambar : Parrot birds

Para pengemar burung lovebird pasti tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini, pasalnya burung ini memiliki banyak keturunan yang sudah sering di jadikan hewan peliharaan. Namun selain itu di sebut yellow collared atau di sebut juga dengan masked dan eye-ring lovebird.

Burung lovebird yang memiliki nama ilmiah agapornis personata ini berasal dari tanzania. Selain itu yellow collared juga sering di temukan di burundi dan kenya.

Ciri khas dari yellow collared adalah mempunyai leher hingga dada berwarna kuning sedangkan untuk kepalanya berwarna hitam dengan paru merah dan badan berbulu hijau, yellow collared memiliki lingkaran warna putih di matanya.

Fischer’s

post image
Sumber Gambar ; Dissolve

Burung ini adalah salah satu burung yang bisa terbang dengan cepat dan suara kepakan sayapnyapun bisa terdengar dengan keras. unggas kacil yang memiliki warna bulu indah ini pertama kali di temukan oleh Gustav fischer pada tahun 1926 di tanzania. Maka dari itu burung ini dinamai sesuai dengan penemunya.

Ciri khas dari burung ini memiliki nama latin agapornis fischeri yang mempunyai warna kuning keemasan. Namun jika di lihat semakin ke atas warna burung ini menjadi lebih gelap dan terlihat orange. Ciri-ciri lainnya memiliki punggung sayap dan dada berwarna hijau tua.

Selain itu juga mereka juga memiliki kepala yang berwarna hijau zaitun dengan penuh berwarna kuning atau merah. untuk ekornya berwarna ungu atau biru muda.

burung lovebird ini mempunyai panjang badan bisa mencapai 14 cm dengan berat badan bisa mencapai 43-58 gram. Hanya saja burung jantan dan betinanya sangat sulit untuk di bedakan, namun para ahli menjelaskan bahwa jenis kelamin burung tersebut hanya bisa di bedakan dengan cara DNA atau dengan cara mereka bertengger.

Baca juga:  5 Software Video Editor Gratis

Namun untuk burung betina biasanya sering bertengger jarak antara kaki kanan dan kiri lebih panjang dari burung lovebird jantanya.

Lilian’s

post image
Sumber Gambar : ebird

Jenis berikutnya adalah burung lovebird lilian’s atau juga bisa disebut dengan nama nyasa lilian’s, namun burung ini banyak di temukan di Negara Afrika dan lebih tepatnya malawi, Mozambik Tanzania dan Zimbawe. Akan tetapi sangat di sayangkan burung lovebird ini pada tahun 2004 jumlah spesiesnya semakin berkurang yaitu kurang dari 20.000 ekor burung lovebird. Hal tersebut di karenakan tempat makan dan habitat perkembangbiakan mereka di ekspolitasi untuk tujuan pertanian.

Untuk ciri khas dari burung lovebird ini adalah berwarna orange pada bagian kepala hingga dadanya. sedangkan badanya mempunyai warna hijau muda dengan paru berwana merah dan memiliki lingkaran warna putih pada bagian mata burung lovebird lilian’s, namun burung lovebird ini mempunyai panjang badan hingga 13 cm.

Black cheeket

post image
Sumber Gambar : Sclence source

Salah satu burung lovebird ini sudah susah untuk dicari atau sudah langka adalah burung black cheeket. burung yang mempunyai nama latin agapornis nigrigenis yang bersal dari daerah Zambia Afrika.

Ciri khas dari burung black cheeket tersebut mempunyai pipi yang  berwarna hitam, sedangkan untuk dahinya memiliki merah kecoklatan dengan leher berwarna orange kekuning-kuningan dan untuk parunya sendiri berwarna merah.

Selain itu burung ini juga mempunyai suara yang sangat keras dan melengking. Namun di sayangkan burung lovebird yang satu ini sangat langka jika tidak langka maka brung lovebird ini sangatlah bagus untuk di jadikan perlombaan kicau mania.

Grup menengah

Kali ini membahas tentang grup menengah akan tetapi kelompok ini sangat sulit untuk di bedakan antara betina dan jantan. Selain itu juga mereka sering disebut non-eyering. Kelompok ini yang tidak memiliki ciri-ciri lingkaran warna putih di matanya.

Penasaran dengan jenis-jenis burung lovebird yang termasuk dalam kelompok menengah langsung saja simak kami di bawah ini.

black collared

post image
Sumber Gambar :tubiologia.forosactivos.net

Untuk jenis burung yang satu ini mempunyai ukuran yang relatif lebih kecil dari pada jenis-jenis burung lovebird yang lain, namun untuk ukuran panjangnya mencapai 13,5 cm saja. Selain itu burung ini sering disebut dengan burung black collared atau terkenalnya dengan nama swindren.

Akan tetapi burung lovebird ini diberi nama berdasarkan dengan warnanya. Tetapi burung ini mempunyai ciri khusus berupa garis hitam yang tedapat di bagian belakang lehernya. Sedangkan untuk badanya berwarna hijau dengan paru dan kakinya berwarna hitam.

Namun burung ini sering di jumpai di Afrika. berbeda dengan peach paced yang ramah, jenis burung ini cenderung pemalu dan sering bersembunyi.

Peach paced

post image
Sumber Gambar ; Field museum

Para pecinta burung lovebird pasti sudah tidak asing lagi dengan burung lovebird yang satu ini. Burung lovebird peach paced atau sering di sebut dengan rossy collared ini mempuyai nama latin agapornis roseicollis. Mereka berasal dari Afrika bagian barat seperti gurun namid.

Namun ciri khas dari burung yang satu ini memiliki wajah dan leher berwarna merah muda dan untuk bagian dahinya lebih gelap. Sedangkan untuk warna badannya berwarna hijau dan bulu buntutnya berwarna biru.

Burung peach paced adalah burung unggas yang senang bersosialisasi dan bahkan burung ini jika tidurpun mereka berjejeran dan memiringkan wajahnya sehingga mereka saling berhadapan.

Jenis-jenis burung lovebird penangkaran yang populer di Indonesia

Ada banyak jenis-jenis burung lovebird yang populer di dunia ini, namun kebanyakan dari burung lovebird adalah burung penangkaran atau di sebut dengan keturunan dari jenis klarifikasi rendah.

Namun ada banyak jenis-jenis burung lovebird penangkaran berikut ada 5 jenis burung penangkaran yang populeh di Indonesia.

Violet

post image
Sumber Gambar : Zen Hobbies

Salah satu jenis burung yang populer di Indonesia adalah burung violet, Burung ini memiliki ciri khusus yaitu warna biru gelap keungu-unguan pada badanya. Sedangkan untuk kepala dan lehernya burung ini mempunyai warna putih abu-abu.

Selain itu burung lovebird ini mempunyai paru berwarna merah muda atau juga warna putih tulang.

Lutino

post image
Sumber Gambar : mandirisaja.com

Burung jenis ini merupakan keturunan jenis burung peach paced, namun biasanya burung lovebird indentik dengan warna hijau. Akan tetapi burung lovebird lutino berdominan warna kuning. Sedangkan untuk warna kepalanya memiliki warna orange dengan paru berwarna merah dan untuk matanya ada yang berwarna hitam atau warna merah.

Namun bagi pecinta burung lovebird memilih burung lutino bukan karna warna bulunya tetapi dengan suaranya kicauanya membuat para pecinta burung lovebird menjadi tertarik untuk memilih burung lutino. burung lovebird lutino terkenal dengan kicuanya yang merdu dan indah.

Biru pastel

post image
Suber Gambar : Diadona.id

Burung lovebird yang satu ini bisa membuat hati menjadi lebih adem jika melihat burung lovebird biru pastel ini, burung ini sering disebut dengan nama blue ice dengan memiliki warna yang sangat kalem.

Bulu pada bagian burung tubuh hingga ekornya di dominan dengan warna biru muda dan sedangkan untuk bagain lehernya memilik warna putih salju dan kepalanya memilki warna gelap seperti abu-abu atau hitam.

Albino

post image
Sumber Gambar : Youtube

Burung yang satu ini sesuai dengan namanya albino yang dominan berwana putih untuk seluruh badanya dari kepala hingga ekor burung lovebird tersebut. Burung lovebird albino ini mempunyai satu warna yaitu putih, namun ada juga warna variasi lain dimana warnanya lebih putih kebiruan.

Burung lovebird ini selain memilki warna yang sangat bersih dan unik para pecinta burung lovebird sangat tertarik di karenakan memiliki suara yang sangat merdu dan lembut, bahkan burung albino ini juga bisa menirukan kicauan burung lainnya.

Biola

post image
Sumber Gambar : Jenis.net

Burung lovebird biola pada mulanya sering di jumpai di Amerika-Belanda. Akan tetapi seiring berjalannya waktu burung lovebird biola ini di impor ke Indonesia dan berhasil menarik perhatian para pecinta burung kicau. Ciri khas burung biola ini memilki warna bulu yang indah, untuk warna kepalanya memiliki warna orange muda sedangkan warna tubuhnya berwarna hijau.

Selain warna yang bagus burung lovebird biola juga mempunyai suara yang merdu dan indah dan burung ini bisa berkicau sangat panjang jika di rawat dengan baik. Maka dari itu burung lovebird ini sangat banyak yang mengidolakan burung lovebird biola ini.

Kesimpulan

Jika merawat burung lovebird ini dengan baik maka burung ini akan jinak dan bisa berkicau dengan baik, maka dari itu bagi para pecinta burung kicau pilihlah burung lovebird untuk di pelihara dikarenakan burung lovebird ini bisa di jadikan kompetisi atau perlombaan kicau mania, Namun burung lovebird ini juga memiliki warna-warna yang sangat indah dan kicauannya pun juga sangat merdu dan lembut.

Bagaimana menurut kalian tentang Mengenal Jenis-Jenis Burung Lovebird pada artikel kami jika kalian ada masukan atau saran untuk kami bisa langsung tulis di kolom komentar di bawah ini, dan jangan lupa juga ajak teman kalian atau kerabat kalian untuk melihat informasih terbaru dari kami.

Fadlil Akbar
Senang bongkar tapi tidak suka pasang, menikmati hari dengan penuh kreasi dan obsesi tanpa basa basi.

10 Daftar Rekomendasi Anime Overpower

Previous article

10 Daftar Game Online Steam Dengan Player Terbanyak

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Review