Otomotif

Penjelasan dan Modifikasi Kruk As

0
Penjelasan dan Modifikasi Kruk As
Sumber Gambar :Yamaha motor

Pada kali ini Ekstensif.com akan membahas tentang Penjelasan dan Modifikasi Kruk As Namun di setiap mesin motor atau mobil pasti ada namanya kruk as untuk membantu kinerja mesin motor dan mobil tersebut, akan tetapi kruk as tersebut juga bisa di modifikasi dengan mekanik-mekanik yang sudah mempunyai pengalaman yang sudah jauh, maka dari jika ada yang ingin memodifikasi kruk as tersebut harus dengan mekanik yang handal dan sudah mempunyai skil untuk modifikasi kruk as tersebut.

Pada umumnya poros engkol tersebut biasanya mekanik menyebutkan dengan nama kruk as atau bisa lebih keren lagi crankshaff yang merupakan suatu dari bagian mesin yang merubah vertikal menjadi horizonrtal dari piston menjadi gerak rotasi pada putaran tersebut.

Kruk as sendiri adalah untuk mengubah naik turunnya piston yang menjadi gerakan roda gila atau di sebut dengen fly wheel. Maka dari itu kruk as ini sudah menjadi komponen yang sangat penting untuk mesin yang mengunakan piston yang di karenakan kruk as membuat naiknya piston hingga menjadi mesin berfungsi.

Kruk As

post image
Sumber Gambar : Car thottle

Tenaga yang digunakan untuk menggerakan roda kendaraan dihasil oleh pembakaran atau langkah usaha, lalu hasil pembakaran ini bisa mengerakan torak dan batang torak hingga menjadi gerakan putar oleh kruk as atau crankshaff. Bagian ini sudah di buat dengan sebagian rupanya tidak bersamaan gerakan torak pada posisi silinder tersebut.

Bagian poros englol tersebut berhubungan dengan batang torak yang biasa disebut dengan crank pin, sedangkan yang duduk pada bagian blok silinder biasa dibilang dengan crank journal. Crank journal ditopang oleh bantalan poros engkol atau crank journal.

Poros engkol dan bak oli tergolong dalam crank case akan tetapi untuk bagian tersebut mempunyai masing-masih crank journal mempunyai crank arm. Untuk menjaga mejaga keseimbangan putaran pada mesin saat beroprasi, namun poros engkol di lengkapi dengan balance weight. Poros engkol lengkap dengan lubang oli untuk menyuplai minyak pelumas pada crank journal, bantal-bantalan atau pin torak yang ada di crank journal.

Fungsi Poros Engkol, Pengertian Dan bagian-bagiannya

Dalam industri otomotif keberadaan poros engkol selalu di jaga agar kerja yang di hasilkan tetep dalam keadaan prima. Maka dari itu poros engkol diletakan blok silinder dan kater atau bak oli yang lang berhubungan dengan batang piston atau fly wheel.

Sementara itu bagian tengah antara poro engkol dan blok silinder akan di topang dengan mengunakan sebuah bantaan luncur atau disebut metal jalan yang di fungsikan untuk mengurai tingkat keausan pada poros engkol pada saat berkerja.

Karena fungsi poros engkol sendiri sangatlah besar otomatis baik kondisi ataupun peletakannya harus benar-benar di jaga dengan baik. Namun dalam pelajaran otomotif setidaknya ada dua tipe poros engkol yang sering digunakan pada kendaraan.

1. Poros engkol dengan tipe terpisah biasanya di gunakan oleh mesin dengan satu silinder yang berada pada sepeda motor.

post image
Sumber Gambar : PAT2D

2. poros engkol yang menyatu biasanya untuk mesin yang mempunyai 2 silinder atau 4 silinder seperti mesin motor 2 silider dan mobil.

post image
Summber Gambar : Motor bensin ( engine )

Namun kedua poros engkol yang di atas merupakan tipe yang paling banyak digunakan indrusi otomotif, karena kedua poros engkol memiliki fungsi yang sama untuk membut kinerja mobil atau motor sehingga membuat menjadi lebih sempurna. Konstruksi poros engkol tidak hanya mempengaruhidari banyak silinder yang ada, namun juga ada di pengaruhi dengan urutan pengapian atau Fo pada mesin tersebut.

Fungsi poros engkol

Bawasannya bentuk atau konstruksi dari poros engkol biasanya di bedakan dari jumlah silinder yang ada dan semakin banyak silinder yang dibawa dan semakin panjang juga poros engkol yang di buat.

Oleh karena itu fungsi poros engkol pada sebuah motor dan mobil sangatlah besar, karena jika tidak ada poros engkol maka gerakan naik turun torak tidak akan bisa berubah menjadi gerakan pada putaran otomatis dan tidak akan membuat roda bergerak sama sekali. Dengan adanya poros engkol yang begitu besar tentunya membuat tekanan dan beban yang di terima menjadi lebih tinggi. Maka dari itu poros engkol tersebut terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi seperti baja atau carbon.

Baca juga:  Spesifikasi Dan Harga Mobil BMW 320i

Bagian-Bagian poros engkol

Setelah mengetahui dari fungsi poros engkol kali ini kita akan membahas bagian-bagian komponen yang ada pada sebuah poros engkol. Namun apa saja yang bagian penting dari poros engkol tersebut. Setidaknya dalam sebuah poros engkol ada 5 bagian yang sangat penting dan berpengaruh terhadap mesin motor atau mobil tersebut.

  • Crank pin
  • Crank joural
  • Balancer weight
  • Lubang oli
  • Crank arm

Dari kelima bagian dari poros engkol tersebut sangatlah penting keberadaannya, maka dari itu bagi yang belum mengetahui penjelasan bagian-bagian poros engkol bisa langsung simak penjelasan di bawah ini.

Crank Pin

Crank pin merupaka salah satu bagian poros engkol yang dimana posisinya berhubugan langsung dengan batang piston. Biasanya agar fungsi poros engkol ini sempurna, pada bagian ini umumnya sudah terpasang co rod bearing yang di fungsikan untuk mengurangi tinggkat ke ausan. Sementara itu di dalam crank pin juga terdapat beberapa lubang oli yang memiliki fungsi untuk elumasi bindang  gesekan antaran crak pin dengan batang piston.

Crank journal

Bagian poros engkol selanjutnya ialah crank journal yang merupakan bagian yang langsung berhubungan dengan blok mesin. Namun berbeda dengan crank pin yang biasa terdapat metal baja, pada crank journal sendiri umumnya sudah di pasangkan dengan main bearing atau disebut dengan metal duduk. Dan sama dengan crank pin di dalam crank joural terdapat juga lubang oli yang akan berfungsi untuk melumasi main bearing tersebut.

Balancer weight

Selain dua bagian yang diatas ada juga bagian yang bernama balancer weight yang merupakan bagian dari poros engkol yang memiliki fungsi sebagai keseimbangan di saat poros engkol berputar.

Pada balancer weight ini juga terdapat lubang-lubang yang terdapat di buat untuk mengatur berat dari masing-masing balancer weight sehingga dapat menyeimbangkan putaran poros engkol secara keseluruhan. Hingga hasil yang dilaluinya sangatlah lancar dan stabil yang otomatis akan mempengaruh terhadap lajunya kendaraan tersebut.

Lobang oli

Ada beberap bagian dari poros engkol yang mempunyai lobang oli, dengan fungsi lobang oli membuat aliran oli keseluruhan ke bagian crankshaff. Dan biasanya lobang ini terdapat pada poros engkol crank journal dan crank pin. Maka dari itu lobang oli tersebut sangat lah penting untuk bagian yang di atas tersbeut dikarenakan lobang oli berfungsi untuk melumasi seluruh bagian mesin agar mesin tetap terjaga dan alus.

Crank arm

Dengan bagian terahur dari poris engkol adalah crank arm atau lengan. Dimana bagian poros engkol yang akan langsung menghubungkan antara crank joual dengan crank pin, namun crank arm tersebut untuk menambahkan performa yang lebih tinggi atau dengan kecepatan tinggi.

Gejala pada kruk as atau crankshaff

Terkadang ada beberapa kerusakan kruk as position sensor yang paling dasar kecepatan dan posisi kruk as adalah dua parameter utaman yang di pakai komputer mobil untuk perhitungan manajemen mesin tersebut.

  1. check engine lampu yang menyala hal ini bisaterjadi dikarenakan berbagai alasan dan masalah sensor yang salah satu terjadi gejala sensor posisi crankshaff. Namun terkadang berhenti berkerja di karenakan terlalu panas sehingga lampu check lampu check engine menyala. Akan tetapi dengan mendinginkan mesin akan membutuhkan beberapa waktu. Mendinginkan sensor juga dapat untuk mematikan lampu check engine tersebut jika tidak bisa juga maka harus memcari mekanik untuk mengatasi keluhan tersebut.
  2. Getaran pada mesin sensor yang gagal berti tidak dapat pemantauan untuk posisi kruk as ini menyebabkan mesin bergetar berat. Dan pada akhirnya juddering dapat mempengaruhi kekuatan mesin dan mengacaukan sebuah rekaman jarak tempuh.
  3. Lamban merespon saat akselerasi jika sensor membahas masalah apapun, namun tidak akan mengirimkan informasi yang benar tentang posisi silinder. Jadi akan ada perbedaan antara komputer yang menerima data dan menerapkannya. Maka dari itu akseleratornya ragu-ragu untuk memberikan respon secara langsung.
  4. Mulai tidak menentu yang akan terjadi adalah salah satu faktor sensor crankshaff  yang paling serius. Akan tetapi komputer menerimakode kerusakan sensor komplikasi benar-benar hilang. Namun mendapatkan kesulitan dalam men stater mesin dan mengatifkan mobil mati satu haru jika tidak di memperbaikinya. Dengan masalah awal bisa menjadi hasil koneksi listrik atau masalah sirkuit juga.
  5. Dengan kesalahan pada silinder membuat komplikasi mobil yang akan memperbaiki semua gejala sensor yang ada pada crankshaff. Namun sensor yang gagal tidak dapat memberikan informasi pada mesin motor yang memiliki sensor pada check engine tersebut. Dengan posisi piston menyebabkan piston menjadi macet dengan adanya kesalahan pada busi atau sering telatnya untuk menganti oli pada mesin. Akan tetapi dengan adanya sensor pada kendaran akan  membuat menjadi lebih cepaqt mengetahui gejala kerusakan pada mesin tersebut.
  6. Stalling dan bacfiring adalah masalah lain yang menunjukan kerusakan pada sensor. Dan salah satu kerusakan pada sensor disebabkan dengan posisi crankshaff, Dalam hal ini mobil yang tetap berjalan tetapi mobil tersbut akan mengalami mati mendadak di karenakan adanya sensor yang menyala untuk mendandakan bahwa ada kerusakan pada mobil teresbut. Namun jika di hidupkan kembali mobilpun akan meledak-ledak dan akan menjadi macet pada piston mobil tesebut.
Baca juga:  6 Mobil Termurah Di Dunia Tahun 2020

Modifikasi pada kruk as

Beberapa tempat bengkel sudah semakin banyak untuk menerapkan modifikasi motor dengan mempeeberan atau memperingan berat bandul pada kruk as tersebut. misalnya motor honda tiger yang diganti dengan bandul kruk as mega pro. Untuk efeknya tersebut akan lebih terasa perfomanya.

Bandul kruk as

post image
Sumber Gambar : by 2427999 from Pixabay

Banduk kruk as sendiri memiliki fungsi sebagai menjadi torsi atau untuk menambahkan torsi pada mesin tersebut. modifikasi bandul kruk as normalnya dilakukan penambahan bobot atau juga bisa pengurangan bobot pada kruk as maupun stroke up.

Dengan efek modifikasi berat bandul kruk as motor ini seperti memakai prinsip roda gila. Dengan perbandingan berat besarnya bandul kruk as akan membuat tenaga mesin menjadi lebih besar dan lebih stabil dibandingkan sebelum memodifikasi kruk as dan bandul.

Memperberat dan memperingan berat bandul kruk as motor.

Secara teknik bandul ini berfungsi untuk keseimbangan torsi dalam mesin motor. Maka dari itu kruk as harus di bandul untuk mengimbangin gerakan siklus lontar pada piston.

Bandul kruk as ini sebenernya sebagai pelontar energi kinetik atau juga bisa di hasilkan siklus, dengan berat bandul mesin motor akan membuat siklus yang seimbang dan teratur. Namun bandul kruk as akan mempengaruhi pada meningkatnya torsi ini tendangan bandul membuat langkah kerja buang lebih besar.

Pemberat pada kruk as dirancang untuk mengimbangi berat stang dan piston. Dengan adanya memperberan atau memperingan berat bandul kruk as akan merubah gaya lontar pada piston tersebut, biasanya untuk bandul kruk as mengunakan bahan logam agar menambahkan berat bandul kruk as.

Maka dari itu jika ingin melakukan merubah atau memoddifikasi kruk as diharuskan mengetahui bagian-bagian yang harus dimodifikasi karena untuk modifikasi kruk as harus dengan mekanik yang sudah terbiasa untuk merubah diameter kruk as atau bandul kruk as.

Kesimpulan

Jika ingin modifikasi motor atau mesin motor alangkah baiknya agar mengetahui cara untuk modifikasi mesin motor tersebut atau juga bisa mencari mekanik untuk merubah sebuah siklus mesin seperti kruk as atau bandul kruk as. karena mekanik dimasa depan akan lebih mengetahui di bandingkan jika mengetaui sendiri. Maka dari itu modifikasilah kruk as atau bandul kruk as pada tempat yang sudah biasa di temui atau bengkel yang sudah sering di jumpai oleh orang-orang yang sudah sering modifikasi kruk as atau bandul kruk as.

Bagaiman menurut kalian tentang Penjelasan dan Modifikasi Kruk As. Jika kalian mempunyai saran atau masukan untuk artikel kami di atas bisa langsung tulis komentar pada kolom yang sudah kamis sediakan di bawah ini, dan jagan lupa juga ajak kerbat kalian atau teman kalian untuk melihat informasi-informasi terbaru dari kami [tp no_translate=”y”] Ekstensif.com. [/tp]

Fadlil Akbar
Senang bongkar tapi tidak suka pasang, menikmati hari dengan penuh kreasi dan obsesi tanpa basa basi.

Strategi Berbeda Microsoft Dan Sony Konsol

Previous article

Indonesia Siap Dengan Kendaraan Listrik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Otomotif