Lifestyle

Berpikir Luas Dengan Ilmu Terbatas

0
Berpikir Luas Dengan Ilmu Terbatas
Image by Josh Clifford from Pixabay

Dari belahan seluruh dunia tidak semua orang memiliki cara berpikir yang luas ada yang terbatas karena pendidikan atau bahkan faktor disabilitas, kita selalu berpikir bahwa orang yang miliki ilmu tinggi dikarenakan mereka belajar di perguruan tinggi bahkan karena faktor keluarga dan lingkungan yang mendukung.

Tentu memang untuk dapat berpikir luas atau menjadi orang cerdas kita harus belajar dengan hal baru, baik secara pendidikan dan sosial dengan demikian ilmu yang akan kita dapatkan semakin banyak dan akan terus bertambah, tapi jika kita hanya menyimak dan tidak adanya evaluasi dalam diri atau pengembangan diri, ilmu yang kita dapatkan tidak akan berarti.

Semua akan kembali kepada masing-masing pribadi, jika kita adalah seorang yang kurang akan pengetahuan hal yang wajib kita lakukan adalah pengembangan diri, ilmu tidak hanya didapatkan dari pendidikan, jika kita pernah mendengar kalimat “Guru terbaik dalam hidup adalah diri sendiri” hal itu benar karena kita bisa belajar dari sebuah kesalahan, pengalaman dan kemauan untuk mendorong diri ini menjadi lebih baik.

Ada seorang sahabat bertanya bagaimana saya bisa merubah hidup saya menjadi lebih baik? hal yang harus kita rubah pertama adalah pola pikir didorong dengan kemauan dan motivasi dalam diri untuk menjalankan semua proses dengan mandiri. Jika kita hanyalah seorang dengan pendidikan yang kurang, sosial yang sederhana jangan pernah merasa diri kita tidak berguna. Kita harus percaya dengan diri sendiri walaupun kita banyak kekurangan ditambah dengan keinginan dan kemauan untuk dapat berpikir luas kita harus benar-benar siap untuk mendorong kepribadian menjadi lebih baik.

Jangan pernah menghiraukan orang-orang yang merendahkan kita, kenapa? karena dengan adanya mereka seharusnya kita bisa belajar banyak anggaplah orang yang merendahkan atau bahkan menjatuhkan kita sebagai cerminan sisi buruk untuk melihat kekurangan yang ada pada diri kita, ucapan dan ekspresi yang mereka berikan akan berdapampak baik jika kita dapat mengontrol emosi serta akan banyak penilaian yang akan kita dapatkan.

Baca juga:  Beradaptasi Dengan Kelemahan Diri Sendiri

Tidak sepenuhnya kita dapat menutupi setiap kekurangan yang ada dalam diri ini, setidaknya kita bisa belajar dan mendorong diri ini menjadi lebih baik meski dengan ilmu terbatas. Hal yang wajib kita lakukan untuk dapat berpikir luas dengan merubah setiap opini yang salah dan rasa egois yang ada pada dalam diri kita. Cobalah lebih santai dan rasakan setiap pemikiran yang kita punya apakah ini baik atau tidak. Hidup ini hanya sekali jangan pernah kita menyianyiakan, pastikan hidup kita berarti untuk diri sendiri dan juga bagi orang lain.

Untuk dapat bepikir luas kita harus memiliki sebuah prinsip atau pedoman yang harus kita tanamkan dalam diri, yaitu :

  • Kenali diri sendiri
  • Percaya diri
  • Evaluasi
  • Mandiri
  • Kerja keras
  • Berpikir terbuka

Kita harus yakin dengan 6 (enam) prinsip di atas akan memberikan dampak besar untuk diri kita, jangan pernah malas atau merasa kita cukup sampai disini. Nyatanya setiap perjuangan tidak akan pernah berakhir. Pada jaman era modern seperti ini gunakanlah semua fasilitas yang ada seperti Internet dan Smartphone, kita bisa mendapatkan begitu banyak histori menarik dari setiap orang yang sukses, apakah mereka terlahir dengan pribadi yang pintar? tidak. Kita semua berproses dan akan selalu berproses hilangkan cara pikir yang gampang puas hanya dengan suatu hal kecil yang sudah kita dapatkan. Teruslah motivasi diri untuk belajar banyak hal mulai dari pengalaman orang lain, publik histori dan sejarah. Melihat hasil yang telah mereka dapatkan berarti kita juga harus tau apa yang mereka kerjakan.

Terlahir dari keluarga yang sederhan bahkan miskin selipun jangan pernah memiliki pemikiran jika kita tidak mampu untuk mendapatkan perubahan, kita harus tau nilai diri kita sendiri, jangan pernah meremehkan diri sendiri apalagi orang lain. Hilangkan pemikiran bahwa diri kita lebih baik atau mereka lebih baik dari kita, Teruslah belajar dan mencari tau supaya diri kita bisa menyesuaikan dan belajar dari berbagai sudut pandang. Percaya dengan orang lain boleh saja tapi lebih baik percaya dengan diri sendiri. Lakukan dan buatlah perubahan.

Baca juga:  Melihat Pola Pikir Orang Tua Kepada Anak

Beberapa faktor yang memberikan kita dampak untuk dapat berpikir luas :

  • Sosial
  • Aksi
  • Pengetahuan

3 (tiga) faktor di atas akan memberikan kita sebuah pengalaman yang dimana akan berdampak pada pola pikir diri kita, jadilah pribadi yang aktif dan personaliti yang baik. Bangunlah nilai-nilai positif dan kurangi rasa congkak yang hanya merugikan untuk diri kita sendiri.

Terkadang kita pintar dalam menilai orang lain tapi bodoh dalam menilai diri sendiri hal seperti ini yang sering terjadi pada pribadi setiap orang, sifat buruk yang terlahir dari adanya rasa puas atau bahkan merasa sudah diatas. Menghilangkan rasa manusiawi adalah kegagalan dalam kehidupan.

Kita harus memiliki jiwa yang selalu ingin belajar baik dari segimanapun, renungkan setiap kesalahan tapi jangan dijadikan beban anggaplah itu sebuah pelajaran untuk dapat melangkah ke tahap selanjutnya. Menerima kekurangan orang lain adalah sifat mulia yang harus kita miliki. Ditambah dengan kita yang ingin memiliki pemikiran yang luas, harus bijaksana dalam setiap keputusan dan proses yang akan kita jalankan. Berpikir luas bukan tentang seberapa kita hebat, pintar, cerdas bahkan jenius, berpikir luas adalah pribadi yang dapat menyesuaikan setiap informasi yang ada lalu dijadikan suatu pelajaran apakah ini hal baik atau salah.

Manage semua pengetahuan yang kita miliki dengan baik, menjadi pribadi yang berpendirian dan melihat dunia dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Jangan pernah menyerah dan beralasan dengan keadaan karena itu hanya akan membuat diri kita semakin terpuruk dan menutup kemungkinan untuk kita dapat berkembang. Yakin kita bisa untuk menjadi apa yang kita inginkan dan teruslah membuat kemajuan.

Chris
Kendalikan dirimu dan buatlah perubahan.

Perubahan Yang Harus Untuk Indonesia

Previous article

Bali Adalah Tempat Untuk Menghabiskan Waktu

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *