Lifestyle

Beradaptasi Dengan Kelemahan Diri Sendiri

0
Beradaptasi Dengan Kelemahan Diri Sendiri
Image by Gerd Altmann from Pixabay

Perkembangan pola pikir dalam diri berjalan dengan keadaan bukan dengan rasa atau situasi yang menjadikan kita seperti apa, kebanyakan dari kita mampu melihat kekurangan orang lain tapi sulit melihat dan menerima kekurangan dalam diri sendiri. Sifat ini ada karena kurangnya rasa kesadaran dan intropeksi dalam diri.

Tidak semua orang dapat mengendalikan dirinya sendiri ada beberapa yang terpengaruh orang lain dan ada sebagian yang memang dirinya terlalu egois. Kita sebagai manusia tentunya tidak lupa dengan kemampuan dan kekurang yang kita miliki sifat seperti ini harus kita tanamkan untuk dijauhkan dari sifat sombong dan angkuh.

Hal terbaik dalam hidup adalah dia yang mampu menerima kekurangan orang lain dari berbagai sudut pandangan. Bukan berarti kita sudah sempurna bisa menerima kekurangan orang lain. Kita juga dapat belajar untuk menerima kekurangan yang ada pada diri kita, mengakui setiap kekurangan yang ada pada dalam diri adalah hal yang bijaksana tapi tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan orang-orang yang merasa mampu mengajari kita.

Orang yang pintar tidak akan berjalan di depan kita tapi dia akan berjalan di samping kita dan membimbing kita menjadi lebih baik. Bukan mengurui atau bahkan merangkai kata untuk memanipulasi kita, orang seperti itu banyak kita temui di kota-kota besar. Ambilah langkah secara perlahan untuk menjauh dari orang seperti itu.

Mengenal Diri Sendiri

post image
Image by Rondell Melling from Pixabay

Belajarlah untuk dapat mengerti diri sendiri dengan sendirinya kamu akan mengenal siapa diri kamu, perhatikan setiap pemikiran dan pendapat yang kamu punya, tidak semua orang dapat menerima kamu tapi kamu sendiri yang dapat menerima semua orang. Hanya orang yang sadar yang mampu memahami diri sendiri.

Untuk dapat mengenal diri sendiri tentu saja ada beberapa faktor pendukung yang harus kita mengerti yaitu seperti :

Pola Pikir

Bangun pola pikir yang baik mulai dari pendapat diri sendiri dan pendapat orang lain, buang jauh-jauh rasa egois dan angkuh yang ada pada dalam diri sendiri. Terima setiap opini dan masukan yang diberikan orang lain tapi jangan mengambil keputusan dengan cepat hal ini akan membuat masalah yang fatal jika kita mengambil langkah yang salah.

Baca juga:  Berpikir Luas Dengan Ilmu Terbatas

Kesadaran Diri

Tentu saja dalam hal kesadaran diri kita di haruskan untuk melihat dan menyadari rasa dan pikiran yang kita punya, jangan merasa diri kita tidak mampu atau bahkan tidak percaya terhadap diri sendiri. Hal ini bisa menjadi dampak buruk jika kita tidak dapat menguasai diri sendiri dan akan terbawa dengan lingkungan sekitar.

Percaya Diri

Dengan percaya diri kita mampu untuk menutupi kekurangan yang ada pada dalam diri sendiri tapi tidak menutupi kemungkinan sifat pesimis akan timbul karena ada beberapa alasan lainnya. Usahakan kita selalu memberikan diri dengan pengetahuan dan informasi yang baru untuk selalu terjaga nilai dalam diri ini.

Sebelum mengenal orang lain, mengenal diri sendiri adalah hal wajib kita kuasai untuk dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Akan banyak pendapat yang akan merusak pola pikir kita disaat kita mempelajari hal tersebut tapi jangan menjadi orang yang lemah dan prustasi hanya karena adanya perbedaan pendapat dari orang lain.

Bangun rasa percaya diri yang baik tanpa harus merusak setiap pendapat yang ada, saling menghormati adalah kewajiban karena menghormati lebih di utamakan dari pada mentaati. Seperti halnya kita membaca tulisan ini akan ada beberapa orang yang tidak dapat menerima dari segi pandangan yang mereka punya.

Perubahan Dalam Diri

post image
Image by Free-Photos from Pixabay

Luruskan setiap pandangan dan pendapat yang salah ini di mulai dari diri kita sendiri bukan orang lain, buat diri kita berbeda dari kebanyakan orang bukan berarti tidak mematuhi peraturan yang ada yang di maksud dengan berbeda adalah dapat menyimpulkan suatu masukan atau opini yang kurang baik menjadi lebih baik.

Perhatikan perinsip yang kita punya dan bangun pola pikir yang terbuka untuk mendorong diri ini menjadi lebih baik dari berbagai pendapat yang diberikan oleh orang lain, evaluasi semua pemikiran yang telah kita dapatkan dari berbagai sudut pandang yang orang lain berikan seperti :

  1. Masukan
  2. Saran
  3. Pendapat
  4. Kritikan
  5. Dukungan
Baca juga:  Melihat Pola Pikir Orang Tua Kepada Anak

Pahami akan hal tersebut ambil setiap penyampaian yang baik dan buang jauh-jauh penyampaian yang buruk tapi tetap kita porsir terkadang tidak semua yang baik berjalan dengan baik ada beberapa alasan yang harus bisa kita terima, hidup ini akan selalu berdampingan yang buruk dengan yang baik tidak dapat kita pungkiri karena ini adalah hal yang saling berkaitan untuk suatu tujuan.

Pantaskan Diri

post image
Image by DARSHAK PANDYA from Pixabay

Hal yang harus kita perhatikan selanjutnya adalah memantaskan diri dengan orang-orang di lingkungan kita, bukan berarti menjadi orang lain tapi disini kita harus menjadi pribadi yang memiliki pendirian tanpa takut akan perbedaan pandangan, selalu ada penolakan dari orang sekitar tapi jangan takut dengan seiringnya waktu berjalan mereka akan menerima dan memahami kita, jika orang tersebut tidak bisa menerima kita itu bukan masalah kita tapi orang tersebut ada masalah dengan kepribadiannya.

Kebanyakan dari kita selalu memiliki rasa tidak enak kepada orang lain hanya karena orang tersebut memiliki peran yang lebih tinggi seperti staff kepada atasan atau bahkan teman. Buang sifat tidak enak ini karena hanya akan membatasi kita untuk menyuarakan pendapat yang kita miliki, jika mereka bisa seharusnya kitapun bisa percaya dengan apa yang kita yakinkan.

Sifat-sifat yang menjatuhkan sebaiknya jangan pernah di pikirkan terlalu dalam atau hal tersebut akan membayangi kita dan merusak pola pikir yang kita miliki. Tunjukan kemampuan yang kita punya dengan memantaskan diri kepada orang-orang sekitar kita tanpa harus menjadi lebih pintar dari mereka dan menjatuhkan orang lain untuk dapat keungtungan dan terlihat sempurna. Jadilah pribadi yang lebih baik tanpa harus merendah dan meninggi dari orang lain.

Berteman dengan kekurangan dan kelebihan yang kita miliki, menjadi pribadi yang lebih baik membutuhkan proses yang lebih pastinya karena setiap kemajuan akan melewati beberapa alasan untuk membagun fondasi yang dapat kita yakinkan, percaya dengan diri sendiri adalah hal yang wajib kita yakinkan. Bukan karena orang lain semua ini di mulai dari diri kita sendiri.

Chris
Kendalikan dirimu dan buatlah perubahan.

Melihat Pola Pikir Orang Tua Kepada Anak

Previous article

Sekilas Melihat Kebelakang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *