5 Tokoh Berpengaruh Dalam Perang Dunia 2
Sumber Gambar : dailytimes.com.pk

Ketegangan pada Perang Dunia 2 membuat kita teringat kembali betapa mengerikannya pada masa peperangan itu berlangsung. Untuk mengetahui tokoh-tokoh ternamanya, kami akan memberikan daftar 5 Tokoh Berpengaruh Dalam Perang Dunia 2.

Perang Dunia 2 ini lebih banyak melibatkan negara-negara di dunia dibandingkan dengan Perang Dunia 1 termasuk semua kekuatan besar yang pada akhirnya membentuk dua aliansi militer besar yang saling bertentangang antara Sekutu dan Poros.

Pada tanggal 1 september 1939, Jerman menginvasi Polandia dan hal tersebut membuat Prancis dan Britania menyatakan perang terhadap Jerman, serangan tersebut pun menjadi penyebab tercetusnya Perang Dunia 2 yang berujung menjadi peperangan besar di benua Eropa.

Adanya konflik yang saling ingin menjatuhkan antara Sekutu dan Poros, maka penjajahan akan hausnya kekuasaan terus berlanjut di bawah para penguasa besar. Berikut ini adalah daftar 5 Tokoh berpengaruh dalam Perang Dunia 2 yang terekam dalam sejarah.

1. Adolf Hitler

5 Tokoh berpengaruh dalam Perang Dunia 2
Ilustrasi : Adolf Hitler

Adolf Hitler dikenal dengan julukan Diktator Nazi Jerman atau dalam bahasa Jerman Führer und Reichskanzler (20 April 1889 – 30 April 1945), ia adalah seorang politisi Jerman dan ketua Partai Nazi. Dia menjabat sebagai Kanselir Jerman sejak 1933 – 1945.

Hitler adalah tokoh utama Nazi Jerman pada Perang Dunia II di Eropa, dan Holocaust (penggunaan subyek manusia dalam eksperimen medis). Di bawah pemerintahan Hitler, pada tahun 1941 pasukan Jerman Nazi dan sekutu Eropanya berhasil menduduki sebagian besar Eropa dan Afrika Utara.

Pada tahun 1939, Hitler menyatakan Britania sebagai musuh utama yang perlu dikalahkan dan pemusnahan Polandia adalah prasyarat yang diperlukan demi mengalahkan Britania. Pada tanggal 3 April, Hitler memerintahkan pihak militer bersiap untuk penyerbuan ke Polandia tanggal 25 Agustus.

Setelah gagalnya serangan Jerman terhadap Sekutu Barat, Hitler menyadari bahwa Jerman akan mengalami kekalahan. Harapan terakhirnya untuk menegosiasikan perdamaian dengan Amerika Serikat dan Britania, namun sekutu menolak dan bersikeras tetap melancarkan serangannya.

Saat Hitler menyadari bahwa kegagalan militer Jerman akan turut menghilangkan haknya untuk berdiri sebagai suatu bangsa. Diujung kehancuran Jerman, Hitler memerintahkan penghancuran semua infrastruktur industri Jerman yang berguna sebelum jatuh ke tangan Sekutu.

Hitler pun mempercayai Menteri Persenjataan Albert Speer untuk menjalankan rencana Bumi Hangus (penghancuran seluruh infrastruktur) yang bertujuan untuk tak meninggalkan sesuatu yang mungkin berguna saat Sekutu menguasai Jerman, namun secara diam-diam Albert Speer menolaknya.

Kemudian Hitler marah besar atas pengkhianatan dan ketidakmampuan para komandannya yang diakhiri dengan pernyataannya untuk pertama kali bahwa Jerman kalah perang. Hitler mengumumkan bahwa ia akan tetap berada di Berlin sampai perang berakhir, lalu bunuh diri.

Nama : Adolf Hitler
Jabatan : Führer Jerman, Kanselir Jerman, Reichsstatthalter Prusia
Masa Jabatan : 2 Agustus 1934 – 30 April 1945, 30 Januari 1933 – 30 April 1945, 30 Januari 1933 – 30 Januari 1935
Lahir : Braunau am Inn, Austria-Hungaria, 20 April 1889
Wafat : Berlin, Jerman, 30 April 1945 (umur 56)
Kebangsaan : Austria-Hungaria – 7 April 1925, Kekaisaran Jerman – 25 Februari 1932
Partai Politik : Partai Pekerja Jerman (1920 – 1921), Partai Pekerja Jerman Sosialis Nasional (1921 – 1945)

2. Isoroku Yamamoto

5 Tokoh berpengaruh dalam Perang Dunia 2
Ilustrasi : Isoroku Yamamoto

Isoroku Yamamoto (4 April 1884 – 18 April 1943), ia adalah komandan Angkatan Laut Kekaisaran Jepang selama 4 tahun pertama Perang Dunia II. Dia dianggap sebagai pakar strategi perang laut Jepang ternama dan diantara pakar strategi angkatan laut terbaik dalam sejarah.

Pada Juli 1941, Yamamoto memenangkan perdebatan mengenai taktik dan keseluruhan cabang udara Angkatan Pertama di bawah Laksamana Nagumo Chuichi yang diutarakan untuk menyerang pangkalan militer Amerika di Pearl Harbour pada 7 Desember 1941.

Dengan di bawah Laksamana Yamamoto, ada sekitar 350 pesawat terbang zero yang diterbangkan dari enam kapal induk. Penyerangan itu disebut  mengakibatkan 18 kapal perang Amerika ditenggelamkan atau dilumpuhkan dalam waktu singkat.

Pada pertempuran Midway dari 4 Juni hingga 6 Juni 1942, Jepang kehilangan 4 kapal induk berbanding satu oleh Amerika dan 3.500 orang berbanding hanya 300 Amerika mati, namun Amerika berhasil menemukan kapal induk Jepang lalu membunuh para pilot berpengalamannya.

Jepang mengalami kekalahan pada Pertempuran Midway dikarenakan ada sebagian yang menyatakan bahwa kehilangan pilot merupakan kehilangan yang sangat penting terhadap Jepang dibandingkan dengan kehilangan kapal induknya.

Nama : Isoroku Yamamoto
Jabatan : Admiral, Komandan tertinggi Angkatan Laut Kekaisaran Jepan, Kanselir Jerman , Reichsstatthalter Prusia
Masa Jabatan : 1901 – 1943
Lahir : Nagaoka, Niigata, Jepang, 20 April 1889
Wafat : Kepulauan Solomon, 18 April 1943 (umur 59)
Kebangsaan : Kekaisaran Jepang
Komando : Kitakami, Isuzu, Kapal Induk Akagi

3. Winston Churchill

5 Tokoh berpengaruh dalam Perang Dunia 1
Ilustrasi : Sir Winston Churchill

Sir Winston Leonard Spencer-Churchill (30 November 1874 – 24 Januari 1965), ia adalah seorang politisi, perwira militer dan penulis Britania Raya. Winston Churchill dijuluki dengan “Penyembelih Gallipoli” setelah militer Britania gagal mendarat di Dardanelles.

Pada Mei 1940, setelah mundurnya Neville Chamberlain, Winston Churchil dilantik sebagai Perdana Menteri Britania serta membentuk pemerintahan koailisi. Dengan kemampuan berpidatonya yang hebat serta semangat perjuangannya untuk tetap berani berhadapan dengan pasukan perang Jerman, ia berhasil membangkitkan semangat rakyat Britania selama mengalami masa-masa tersulitnya pada Perang Dunia 2. Dengan kekalahan Nazi Jerman di Eropa membuat Winston Chuchill disebut sebagai Pahlawan Kemenangan Inggris.

Pidato Winston Churchill pada masa Perang Dunia 2 adalah pidato yang mampu membakar semangat rakyat Britania, ucapannya yang paling terkemuka adalah :

“Saya tidak mempunyai apa-apa untuk ditawarkan kecuali darah, kerja kuat, air mata, dan peluh.”

Pada sebelum terjadinya Pertempuran Britania dalam isi pidatonya :

Kita akan mempertahankan pulau kita, walau apapun harganya, kita akan bertempur di pantai, kita akan bertempur di tempat pendaratan, kita akan bertempur di padang dan jalan. Kita akan bertempur di bukit, kita tidak akan sekali-kali menyerah.

Nama : Sir Winston Leonard Spencer-Churchill
Jabatan : Perdana Menteri Britania Raya
Masa Jabatan : 26 Oktober 1951 – 5 April 1955
Lahir : Blenheim, Oxfordshire, Inggris, 30 November 1874
Wafat : Kensington, London, Inggris, 24 Januari 1965 (umur 90)
Kebangsaan : Britania Raya
Partai Politik : Konservatif (1900 – 1904), (1924 – 1964). Liberal (1904 – 1924)

4. Franklin Delano Roosevelt

5 Tokoh berpengaruh dalam Perang Dunia 2
Ilustrasi : Franklin Delano Roosevelt

Franklin Delano Roosevelt atau akrab dikenal FDR (9 Januari 1882 – 12 April 1945), ia adalah Presiden Amerika Serikat Ke-32 dan merupakan satu-satunya Presiden Amerika yang terpilih selama 4 kali dalam masa jabatannya yaitu dari tahun 1933 – 1945.

FDR adalah salah satu tokoh abad ke-20 yang menempati urutan ke-3 dalam sejarah kepresidenan Amerika Serikat. Salah satu pencapaian FDR yang terkenal adalah kepemimpinannya yang mampu membangkitkan Amerika Serikat dari masa Depresi Hebat (menurunnya tingkat ekonomi secara dramatis pada tahun 1929).

Pada saat tahun 1932, Franklin Delano Roosevelt dilantik sebagai Presiden. Lalu pada tahun 1933, saat masa jabatannya, Amerika sedang mengalami puncaknya masa depresi dan salah satu pernyataannya yang paling terkemuka pada amanat pelantikannya adalah :

“Satu-satunya yang harus kita takuti adalah rasa takut itu sendiri.”

Ketika Jepang menyerang Pearl Harbor di Hawaii pada tanggal 7 Desember 1941, lalu FDR memerintahkan untuk mengerahkan seluruh tenaga rakyat serta sumber-sumber yang ada untuk menjalankan perang total. Sebelum Amerika Serikat, Churchill telah menyusun sebuah Deklarasi 8 pasal yang terkenal dengan nama Piagam Atlantik. Tujuan program ini adalah sebagai program Perdamaian.

Isi program tersebut diantara lain :

  • Hak rakyat untuk menentukan nasib sendiri
  • Jaminan perdamaian serta bebas dari kemelaratan dan ketakutan

Dari 2 diantaranya, ada 4 Kebebasan yang dicantumkan oleh Presiden Franklin D. Roosevelt :

  • Kebebasan untuk menyatakan pendapat
  • Kebebasan untuk beragama
  • Kebebasan untuk kemelaratan
  • Kebebasan untuk ketakutan

FDR merasa bahwa perdamaian dunia pada masa yang akan datang tergantung pada hubungan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, ia mencurahkan pikirannya untuk mendirikan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) dengan kesulitan-kesulitan yang ia hadapi, lalu pada akhirnya kesulitan internasional itu pun terselesaikan.

Nama : Franklin Delano Roosevelt
Jabatan : Gubernur New York Ke-44, Presiden Amerika Serikat Ke-32
Masa Jabatan : 1 Januari 1929 – 31 Desember 1932, 4 Maret 1933 – 12 April 1945
Lahir : Hyde Park, New York, 9 Januari 1882
Wafat : Warm Springs, Georgia, 12 April 1945 (umur 63)
Kebangsaan : Amerika Serikat
Partai Politik : Demokrat

5. Benito Mussolini

5 Tokoh berpengaruh dalam Perang Dunia 2
Ilustrasi : Benito Mussolini

Benito Amilcare Andrea Mussolini atau dikenal dengan Il Duce (29 Juli 1883 – 28 April 1945), ia adalah seorang politisi asal Italia dan pemimpin Partai Fasis Nasional. Dia adalah diktator Italia yang berteman dekat dengan pemimpin Nazi Jerman yaitu Adolf Hitler.

Pada Oktober 1922, Benito Mussolini menjabat sebagai Perdana Menteri Italia dan membentuk pemerintahan baru dengan menjadikan Italia di bawah pemerintahan Fasis (kepemimpinan yang mutlak/absolut). Setelah memegang kekuasaan, ia menyerang Ethiopia dengan berujung pada pandangan rasis.

Benito Mussolini menyatakan bahwa :

“Ethiopia bangsa kelas rendah, karena termasuk kulit hitam. Jika diperintah oleh ras unggul seperti Italia, itu sudah merupakan akibat alamiah dari evolusi.”

Bahkan ia bersikeras bahwa bangsa-bangsa berevolusi melalui peperangan. Sehingga jadilah Italia waktu itu salah satu bangsa yang ditakuti sepak terjangnya.

Ketika Benito Mussolini dan teman akrabnya Adolf Hitler membentuk sebuah aliansi serta menduduki Abbesinia pada tahun 1937, hal itu membuat seluruh dunia terkejut. Dengan pembentukan aliansi dengan Nazi Jerman, hal tersebut telah membawa Italia ke dalam Perang Dunia 2 yang berada di pihak Jerman pada tahun 1940.

Pada 28 Juli 1943, setelah kekalahan Italia di Yunani, Afrika dan Uni Soviet, Benito Mussolini dipaksa turun jabatan oleh Raja Victor Emmanuel III dan ditahan di pegunungan terpencil Abruzzo. Kemudian pada saat Benito Mussolini ditahan, pasukan Britania dan Amerika serikat akhirnya menyerang Italia, lalu Benito serta 3 orang pendukung setianya dieksekusi oleh kelompok Komunis Italia di sebuah desa yang berada di Mezzegra.

Nama : Benito Mussolini (Benito Amilcare Andrea Mussolini)
Jabatan : Duce Republik Sosial Italia, Marshal Pertama Kekaisaran, Kepala Pemerintahan Italia dan Duce Fasisme, Perdana Menteri Italia
Masa Jabatan : 23 September 1943 – 25 April 1945, 30 Maret 1938 – 25 Juli 1943, 24 Desember 1925 – 25 Juli 1943, 31 Oktober 1922 – 25 Juli 1943
Lahir : Predappio, Forlì, Kerajaan Italia, 29 Juli 1883
Wafat : Giulino di Mezzegra, Como, Kerajaan Italia, 28 April 1945 (umur 61)
Kebangsaan : Kerajaan Italia
Partai Politik : Partai Fasis Republikan (1943–1945), Partai Fasis Nasional (1921–1943), Fasci Italiani di Combattimento (1919–1921), Fasci d’Azione Rivoluzionaria (1914–1919), Fasci Autonomi d’Azione Rivoluzionaria (1914), Partai Sosialis Italia (1901–1914)

Kesimpulan

Pada terjadinya Perang Dunia 2 ini telah memakan korban jiwa, yakni sebanyak 20 juta Tentara dan 50 juta Warga Sipil, Setelah Sekutu memenangi peperangan dan Poros yang harus menerima kekalahannya, banyak dampak yang terjadi setelah Perang Dunia 2, diimulai dari banyaknya kejahatan, perbudakan, front dalam negeri, pendudukan serta kemajuan teknologi dan peperangan.

Pada saat Perang Dunia 2 berlangsung, kita bisa melihatnya bahwa perang hanya akan menimbulkan banyaknya korban jiwa yang berjatuhan, konflik yang berkepanjangan demi menyelesaikan suatu permasalahan, lalu pada akhirnya hanya akan menimbulkan permasalahan yang baru. Perdamaian adalah satu-satunya jalan yang harus dijalani dengan berkembang bersama, membangun bersama dan demi memajukan bangsa bersama.

Hormati mereka yang telah tiada, lalu buatlah tanpa adanya pertumpahan darah yang tak seharusnya. Jadikan lah Dunia menjadi tempat yang aman untuk anak, cucu, dan cicit kita nanti di masa yang akan datang.

Itulah pembahasan kami dari 5 Tokoh Berpengaruh dalam Perang Dunia 2. Jika artikel ini berguna untuk kalian para pecinta sejarah silahkan kalian share dan jika kalian ingin memberikan saran kepada kami silahkan tinggalkan di kolum komentar di bawah ini agar kami terus memberikan informasi yang terbaik dari yang terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here